Angkasa Pura 2

Kapal Induk & Armada Perang China Berlayar Dekat Selat Taiwan

DermagaRabu, 11 Januari 2017
images (17)

TAIPEI (BeritaTrans.com) – Taiwan siaga dengan mengerahkan armada tempurnya, termasuk jet tempur dan kapal perangnya, menyusul penyusupan kapal induk bersama beberapa kapal perang milik China di dekat kawasan Selat Taiwan pada Rabu, 11 Januari 2017. Hal ini memicu peningkatan ketegangan antara China dan Taiwan.

Menurut Kementerian Pertahanan Taiwan, kapal induk China buatan era Soviet, Liaoning, dalam pelayaran pulang ke Daratan China setelah menjalani latihan di Laut Cina Selatan.

Meski tidak memasuki perairan Taiwan, namun armada angkatan laut China itu berlayar di Zona Identifikasi Pertahanan (ADIZ) di wilayah barat laut Taiwan.

Sebagai tindakan pencegahan, beberapa jet dan kapal perang dikerahkan untuk memantau dan mengawasi pelayaran armada militer China di jalur yang memisahkan Taiwan dan China.

”Kami memantau rapi pergerakan armada tersebut,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan, Chen Chung Chi, seperti yang dilansir Reuters pada 11 Januari 2017.

Pemerintah China mengatakan kapal induk Liaoning bergabung dalam latihan uji coba senjata dan peralatan tempur di Laut China Selatan. China mengklaim pelayaran kapal perang itu mematuhi peraturan internasional.

Taiwan dan China terlibat dalam serangkaian konflik diplomatik yang bermula ketika Taipei ingin menjadi negara merdeka, sementara Beijing menganggap pulau tersebut sebagai miliknya. (lia/sumber reuters & tempo).