Angkasa Pura 2

BPSDM Akan Gelar Tes Psikologi Instruktur & Pengawas Taruna

SDMKamis, 12 Januari 2017
2017-01-11 15.32.12

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Salah satu temuan dari tim investigasi kasus kekerasan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Jakarta, adalah dibutuhkan tes psikologi untuk instruktur dan pengawas taruna.

Berdasarkan rekomendasi itu, Badan Pengembangan SDM (BPSDM) Perhubungan Kementerian Perhubungan akan menggelar tes psikologi untuk instruktur dan pengawas taruna di seluruh sekolah yang dikelola lembaga tersebut.

Kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTtans, Kamis (12/1/2017), Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo (Tommy) mengemukakan tes untuk memastikan bahwa instruktur dan pengawas memiliki kompetensi dan integritas secara kejiwaan dalam mendidik taruna.

“Mereka yang setiap hari bersentuhan langsung dengan taruna. Karenanya, harus tertanam betul jiwa mendidik. Sejalan dengan itu, mereka harus menjadi teladan bagi taruna,” ungkap Tommy.

Ketika instruktur dan pengawas menjadi panutan bagus, dia menuturkan maka terjadi transformasi nilai baik kepada taruna. “Transformasi nilai, terutama prilaku, ini menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Dalam konteks itu, dia menegaskan instruktur dan taruna wajib memperlihatkan dan mencontohkan prilaku terpuji kepada taruna.

Tommy juga mengemukakan dalam berbagai kesempatan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi selalu mengingatkan jajaran BPSDM Perhububgan dan pengelola sekolah untuk juga memberi penekanan kepada pembentukan karakter dan prilaku terpuji dalam diri taruna. (dien).