Angkasa Pura 2

Dirjen Tonny: Pelaut Harus Tingkatkan dan Jaga Profesionalisme

Dermaga SDMKamis, 12 Januari 2017
IMG-20170112-WA0009

IMG-20170112-WA0010

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono menyebutkan bahwa pelaut harus tingkatkan dan terus menjaga profesionalismenya.

“Sebagai pelaut, harus selalu semangat dalam menjalankan tugas dengan terus meningkatkan Profesionalisme dan Safety Culture, karena faktor keselamatan merupakan faktor utama dan mutlak diperlukan dalam penyelenggaraan jasa transportasi,” jelas Tonny di sela upacara Bon Voyage Diklat Peningkatan Kompetensi Kepelautan (DPKK) Perwira Siswa Tingkat I, II, III, dan IV Bidang Keahlian Nautika dan Teknik Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP), di Semarang, Kamis (12/1/2017).

Hal itu, menurut Tonny lantaran Kementerian Perhubungan (Kemhub) meyakini bahwa Indonesia mampu mencetak pelaut-pelaut yang berkualitas, kompeten dan bertaraf internasional.

“Karena ke depan peningkatan daya saing menjadi sangatlah penting mengingat bangsa kita adalah bangsa maritim yang besar, ” tutur Tonny.

Tema yang diangkat pada Bon Voyage ini yaitu “Menjadikan Pelayaran Indonesia Sebagai Moda Transportasi Yang Handal, Berdaya Saing Global”.

“Terkait dengan peningkatan mutu SDM, diharapkan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi dapat lebih diarahkan pada upaya peningkatan kualitas dan kompetensi,” ungkap Tonny.

Peningkatan tersebut, dalam mendukung pembangunan sektor transportasi yang mengutamakan tiga “S” yaitu Safety (Keselamatan), Security (Keamanan) dan Service (Pelayanan). (omy)