Angkasa Pura 2

Aptrindo Pertanyakan Kapasitas CMNP Tegur Angkutan Petikemas

KoridorSabtu, 14 Januari 2017
20160907_175326-1-1-1-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mempertanyakan kapasitas PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) yang memberikan surat tegoran kepada perusahaan angkutan petikemas.

Ketua Umum DPP Aptrindo Gemilang Tarigan mengatakan CMNP sebagai operator tol belum lama ini memberikan surat tegoran kepada sebuah perusahaan angkutan kontainer anggota Aptrindo.

Dalam surat teguran disebutkan hasil penimbangan di jalan tol berat kendaraan beserta isinya melebihi Jumlah Berat Yang Diizinkan (JBI).

Tarigan menegaskan soal penimbangan kendaraan bermotor di jalan sudah diatur dalam PM 134 Tahun 2015.

Dalam PM 134 khususnya pasal 5 ayat (2) ditegaskan angkutan petikemas, mobil tangki BBM/BBG, angkutan barang berbahaya dan alat berat dikecualikan dalam ketentuan pengawasan muatan angkutan barang melalui penimbangan dipasang secara tetap.

Tarigan mengatakan dalam PM 134 pasal 5 ayat (4) disebutkan dalam keadaan tertentu kendaraan seperti tercantum pada ayat (2) bisa terkena wajib timbang. ” Tapi keadaan tertentu tadi harus ditetapkan oleh Dirjen Perhubungan Darat,” tegas Tarigan.

Aptrindo segera menyurati PT CMNP untuk menanyakan asas legalitas (dasar hukum) operator jalan tol tersebut menegur perusahaan angkutan petikemas, ujar Tarigan.

Tarigan menambahkan infrastruktur jalan yang akan dilalui kendaraan berat sepeeti angkutan kontainer (klasnya) harus standar klas jalan internasional.

Alasannya karena kontainer tersebut (impor) datang dari luar negeri sehingga ketika tiba di Indonesia beratnya sudah tak mungkin lagi diubah tapi kelas jalan kita yang harus standar internasional, tegas Tarigan. (wilam)