Angkasa Pura 2

Pentingnya Peran Serta Pengguna Jasa Wujudkan Keselamatan Pelayaran

DermagaSenin, 16 Januari 2017
IMG-20170116-WA0033

JAKARTA ( BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemhub) A. Tonny Budiono menyebutkan pentingnya pern serta pengguna jasa dalam mewujudkan keselamatan pelayaran.

“Kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan pelayaran terus tumbuh dan meningkat. Hal ini terlihat dari kesukarelaan para penumpang menggunakan life jacket selama pelayaran dengan kapal tradisional dan saya sangat mengapresiasi peran serta masyarakat dalam mewujudkan keselamatan pelayaran,” urai Tonny dalam keterangan resmi yang diterima BeritaTrans.com, Senin (16/1/2017).

Tonny menilai pelayaran berkeselamatan yang diterapkan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Labuan Bajo, sangat patut menjadi contoh.

“Para petugas UPP Kelas III Labuan Bajo bertanggungjawab mengawasi pelaksanaan kegiatan pelayaran di wilayah kerjanya agar pelayanan transportasi kepada masyarakat dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, dan nyaman,” tutur Tonny.

Tonny mengaku tak akan bosan mengingatkan kepada para Nakhoda sebagai pemimpin tertinggi di atas kapal,untuk menyerahkan dan memastikan manifest penumpang sama dengan tiket yang dikeluarkan, daftar Anak Buah Kapal (ABK) dan muatan kepada Syahbandar, sebelum dikeluarkannya Surat Persetujuan Berlayar (SPB).

“Saya minta agar Nakhoda/Pemilik Kapal memastikan lagi alat keselamatan di atas kapal berfungsi dengan baik dan memasang petunjuk alat keselamatan yang mudah terlihat dan terbaca jelas oleh penumpang,” kata Tonny.

Selanjutnya, Nakhoda juga wajib menginformasikan kepada penumpang agar menggunakan life jacket selama pelayaran dan memandu cara penggunaannya sebelum kapal berangkat.

“Lebih baik kita melakukan langkah preventif dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan kapal yang tentu tidak pernah kita inginkan sebelumnya,” pungkas Tonny. (omy)