Angkasa Pura 2

Perusahaan Patungan Indonesia-Jepang Bangun Pelabuhan Patimban Tahun 2018 & Operasikan Tahun 2019

DermagaSenin, 16 Januari 2017
2017-01-16 07.51.06

BOGOR (BeritaTrans.com) – Jepang telah sepakat untuk bekerjasama dengan Indonesia membangun Pelabuhan Patimban. Proyek ini akan dibangun dengan perusahaan patungan antara Indonesia dengan Jepang.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, pelabuhan ini akan dibangun pada tahun 2018 mendatang. Adapun waktu pengoperasian ditargetkan akan dimulai pada tahun 2019.

“Patimban kita minta agar dibangun pling lambat awal 2018 dan mulai bertahap, bisa dioperasikan secara bertahap awal 2019,” tuturnya di Istana Bogor, Minggu (15/1/2017).

Dalam proyek ini, lanjutnya, Jepang belum menentukan siapa operator pada proyek ini. Hanya saja, Jepang secara tegas mengungkapkan bahwa akan membantu Indonesia dengan cara membentuk perusahaan patungan.

“Dia tidak menunjuk apa-apa, yang diharap perusahaan patungan. Kita tapi sepakat untuk membuat perusahaan patungan. Mereka minta waktu melakukan pemilihan (operator), mereka baru akan sampaikan beberapa waktu yang akan datang,” ujarnya.

Sebelumnya dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, PM Jepang Shinzo Abe sendiri memandang bahwa kerja sama di bidang maritim dengan Indonesia merupakan prioritas yang paling utama. Jepang juga akan secara aktif mendorong kerja sama di bidang keamanan laut dan pengembangan pulau-pulau terpencil di Indonesia.

“Jepang akan secara aktif mendorong kerja sama di bidang keamanan laut dan pengembangan di pulau-pulau terpencil di Indonesia melalui Forum Maritim Indonesia-Jepang yang dibentuk pada bulan Desember yang lalu,” terang Abe. (ani/sumber okezone).