Angkasa Pura 2

Entah Kapan Underpass Tambun Kelar

Emplasemen KoridorSenin, 23 Januari 2017
underpass tambun1 - beritatrans.com

BEKASI (BeritaTrans.com) – Tahun 2014, Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mulai membangun underpass di simpang Pasar Tambun tepatnya di Jalan Raya Mekarsari-Mangunjaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Underpass itu dibangun dari APBN dengan target rampung 2015-2016 mendatang.

Kabid Perencanaan dan Fisik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi E Y Taufik mengatakan, pelaksanaan pembangunan underpass ini sudah mulai dilakukan secara bertahap oleh pemerintah pusat di sekitar wilayah Tambun selatan.

“Tahapan pertama pembangunannya dengan membuat kontruksi awal underpass Tambun,” katanya, Senin (11/8/2014).

Kontruksi awal underpass mulai dibangun di lahan milik Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) yang berada di Jalan Mekarsari. Menurutnya, untuk anggaran pembangunan kontruksi awal underpass itu, pemerintah pusat pada tahun ini memberikan anggaran sebesar Rp45 miliar dari APBN). Sementara, untuk pembebasan lahanya ditanggung pemerintah daerah.

stasiun tambun

Namun fakta memperlihatkan hingga menjelang Januari 2017 berakhir, proyek terowongan jalan di sebelah Stasiun KA Tambun itu masih jauh dari kelar. Lahan di lokasi proyek tampak masih diwarnai gundukan tanah.

Pekerja dan alat berat di antaranya tampak masih bekerja menyelesaikan pengerukan dan perataan tanah. Jalan di terowongan itu belum dekat dari proses pengaspalan atau pembetonan.

Walhasil warga masih harus terus menderita karena mesti menyusuri jalan memutar yang jaraknya jauh. “Kami memutar jauh untuk lewat Indoporlen atau Cibitung. Menyiksa banget. Bisa tambah waktu perjalanan 15 menit kalo naik motor,” ungkap Zaenuddin, warga Kompleks Mangun Jaya Indah I, Tambun Selatan, Senin (23/1/2017).

(Nurul Fathonah//Fakultas Ilmu Komunikasi Univeritas Bhayangkara, Bekasi)