Angkasa Pura 2

Bandara Kertajati Gandeng Railink Operasikan Kereta & Gapura Angkasa Kelola Groundhandling

Bandara EmplasemenRabu, 25 Januari 2017
kereta bandara

BANDUNG (BeritaTrans.com) – Manajemen PT BIJB menggandeng PT Railink dalam kerja sama transportasi intermoda di Bandara Internasional Kertajati.

BIJB juga bekerjasama dengan PT Gapura Angkasa dalam pengelolaan Groundhandling dan Warehousing di Bandara Kertajati. Kerja sama tersebut dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman (MoU).

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, dalam masterplan Bandara Kertajati, terdapat rencana untuk membangun terminal multimoda berikut dengan jalur kereta api bandara.

Penandatanganan MoU ini bentuk awal penjajakan kerja sama tersebut dan diharapkan untuk ke depannya PT BIJB bersama PT Railink dapat mengelola terminal multimoda Bandara Kertajati bersama, termasuk di dalamnya pengelolaan kereta bandara.

Selain mengelola terminal multimoda, Railink juga akan mengelola kereta bandara.

“MoU ini bentuk penjajakan kerja sama ke depan agar nanti ada layanan kereta ke bandara,” ujar Virda dalam rilisnya, Rabu (25/1/2017).

Railink dinilai sudah berpengalaman mengelola kereta bandara seperti di Soekarno-Hatta, hingga Kualanamu, Medan.

Pada MoU tersebut kedua belah pihak dalam enam bulan ke depan akan membahas detil teknis bagaimana merealiasasikan kereta bandara.

Sementara untuk kegiatan ground handling dan gudang kargo di bandara kertajati, PT BIJB membutuhkan mitra yang telah memiliki pengalaman di bidang tersebut. Sehingga dijajaki kerjasama dengan PT Gapura Angkasa dengan MoU sebagai langkah awal penjajakan kerjasama tersebut.

Diharapkan kelak dapat dilakukan kerjasama dalam mengelola Groundhandling dan cargo warehousing di Bandara Kertajati.

“PT Gapura Angkasa yang merupakan anak perusahaan AP II sudah memiliki banyak mitra airlines dan pengalaman dalam mengelola groundhandling serta cargo warehousing,” tuturnya.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan, Railink merupakan anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II yang diamanahkan menjadi operator Kereta Api Bandara pertama di Indonesia.

“Saat ini kami sudah operasional di Kualanamu Medan, dan nantinya akan melayani di beberapa kota besar di Indonesia, Kereta Api Bandara Soekarno Hatta merupakan proyek terdekat kami,” bebernya. (della/sumber kompas).