Angkasa Pura 2

Jembatan Timbang Dikelola dan Dioperasikan Kementerian Perhubungan

Koridor SDMKamis, 26 Januari 2017
Djoko-  Orchard

JAKARTA (Beritatrans.com) – Amanah UU No. 23/2013 tentang Pemda, menyebutkan penyelenggaraan jembatan timbang dilakukn oleh Pemerintah Pusat ( dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemhub).

“Ke depan, aturan ini perlu diaplikasikan dengan baik dan benar dan jembatan timbang harus dikembalilan pada tugas poko dan fungsinya secara benar,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegikopranoto Semarang Djoko Setijowarno kepada Beritatrans.com di Jakarta, Kamis (26/2/2017).

Menurutnya hasil evaluasi total terhadap 164 unit jembatan timbang di seluruh Indonesia tahun 2016 yang diselenggarakan Ditjenhubdat, sebanyak 77 unit dioperasikan, 15 unit direlokasi, 16 unit pembangunan baru dan 56 unit tidak dioperasikan.

Lokasi jembatan timbang, menurut evaluasi Ditjenhubdat itu, tersebar di Sumatera (53), Jawa (50), Kalimantan (14), Sulawesi (27), Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Papua (20).

Selanjutnya akan segera dibuat Rencana Induk Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan. “Selain itu juga menjaga kondisi infrastruktur jalan dengan optimalisasi penyelenggaraan penimbangan kendaraan bermotor,” jelas Djoko.

Disamping itu, lanjut Ketua MTI Jawa Tengah itu, proses pengesahan rancang bangun mobil barang perlu dievaluasi.

“Penanganan over loading harus diikuti secara simultan dengan penataan pengujian kendaraan bermotor. Terutama penertiban dimensi (bak muatan) mobil barang,” papar Djoko lagi.

Sampai kini, tambah dia, masih banyak ditemui mobil barang dengan dimensi yang tak sesuai ketentuan. Selain over loading juga membahayakan pengguna jalan yang lain.

“Kini banyak pihak berharap, Rencana Induk UPPKB segera terbit, supaya pengelolaan jembatan timbang bisa lebih tertib,” tegas Djoko.(helmi)

loading...