Angkasa Pura 2

Citilink QG 143 Kualanamu-Halim Mendarat di Soetta karena Ada Latihan Militer

Bandara KokpitJumat, 27 Januari 2017
2016-12-09 08.06.44

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Informasi yang beredar di media sosial terkait penerbangan Citilink Indonesia QG 143 rute Kualanamu-Halim yang mendarat di Soekarno Hatta kemarin (26/1/2017) ternyata benar adanya.

Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio menjelaskan setelah menghimpun informasi bahwa kondisi tersebut terjadi lantaran ada latihan militer di bandara Halim.

“Sudah diberitahukan, ada latihan militer, sehingga pesawat tidak mendarat di Halim melainkan di Soekarno Hatta,” jelas Agoes kepada BeritaTrans.com, Jumat (27/1/2017).

Saat ada latihan militer menurut Agoes memang bandara biasanya sementara ditutup, karena keterbatasan. Pihaknya masih menunggu konfirmasi lebih lanjut dari maskapai terkait penanganan penumpangnya.

Hal itu dilakukan, lanjut Agoes untuk menghindari holding terlalu lama di udara yang berdampak pada ketersediaan bahan bakar pesawat.

Sebelumnya BeritaTrans.com memberitakan bahwa di media sosial ada posting kabar soal pesawat Citilink. Terbang dari Bandara Kualanamu tujuan Halim Perdanakusuma, namun diduga mendarat di Soekarno-Hatta (Soetta).

Di akun Asnevita, terdapat posting tentang pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 143 dari Bandara Kualanamu, Kamis (26/1/2017), dengan jadwal terbang pukul 11.00.

Pesawat tersebut sesuai jadwal tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pukul 13.25. Namun hingga jawal kedatangan itu terlewat, tidak ada kabar bahwa pesawat sudah mendarat.

Penjemput kebingungan. Bolak-balik melihat display informasi tentang penerbangan di Bandara Halim, namun tidak juga muncul info soal Citilink dengan nomor penerbangan QG 143.

Baru setelah pukul 15.04, penjemput ditelepon oleh penumpang bahwa pesawat mendarat di Bandara Soetta. (omy)