Angkasa Pura 2

Inilah Kekuatan Armada Direktorat KPLP

DermagaSenin, 30 Januari 2017
IMG-20170127-WA0025

IMG-20170127-WA0032

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Saat ini, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memiliki kapal patroli beberapa jenis. Tujuh unit kapal patroli kelas I, 14 unit kapal patroli kelas II, dan 40 unit kapal patroli kelas III.

Sisanya, sebanyak 400 unit merupakan kapal KPLP kelas patroli IV dan V yang rencananya ke depannya akan diganti dari bahan fiber menjadi rigid inflatable boat (RIB).

Semua kapal bekerja di bawah pangkalan-pangkalan KPLP seperti di Tanjung Priok, Tanjung Perak, Bitung, Tual, dan Tanjung Uban.

Hingga 2019, KPLP akan menambah hingga 100 kapal patroli. Pembangunan 30 unit kapal kelas I, terdiri dari Fast Patrol Vessel (FVP) sebanyak 25 unit dan Marine Disaster Prevention Ship (MDPS) sebanyak lima unit.

Dua unit kapal patroli Kelas II berukuran panjang 42 meter. KPLP juga membangun kapal patroli Kelas III sebanyak delapan unit, Kelas IV sebanyak enam unit, dan Kelas V sebanyak 25 unit.

Seiring dengan bertambahnya kekuatan armada kapal KPLP, maka ke depannya jumlah SDM juga akan diperlukan lebih banyak lagi. Lebih dari 50 personel untuk memperkuat kemampuan fungsi kerja KPLP. (omy)

  • Arief w

    Mohon diuraikan Pangkat/gol dan ijasah laut untuk tiap tiap kelas kapal patroli kplp, terimakasih