Angkasa Pura 2

Busyet Dah, Halte Transjakarta Tinggi 13 Meter Di Trunojoyo-CSW

KoridorSelasa, 31 Januari 2017
84091-halte-bus-transjakarta-csw-terlalu-tinggi-dtW_highres

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Transjakarta berencana memasang lift di jalur koridor 13 rute Ciledug-Tendean.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan pemasangan lift itu untuk menjawab keresahan masyarakat soal pembangunan jalur layang koridor 13 yang dinilai menyulitkan masyarakat.

Meski pembangunan koridor 13 Transjakarta belum rampung 100 persen, masyarakat mengeluhkan ketinggian halte Trunojoyo-CSW.

Halte di ketinggian 23 meter dari permukaan tanah itu hanya bisa diakses menggunakan tangga besi dengan 120 anak tangga. Tak ada lift atau eskalator untuk menunjang pergerakan penumpang dari bawah menuju halte Trunojoyo-CSW di Jakarta Selatan.

Budi Kaliwono mengatakan pembangunan koridor 13 Transjakarta akan memenuhi aspek pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat. Apalagi koridor 13 dan haltenya dibangun tepat memotong di atas jalur MRT Sisingamangaraja. Untuk itu, Budi mengatakan pihaknya akan memasang lift di jalur tersebut.

“Saat ini sedang diukur ketinggian dan konstruksinya bagaimana. Sementara di bagian utara tetap akan dibangun tangga. Sebab, biar bagaimanapun juga, meski memakai lift, tangga tetap meng-cover situasi darurat,” kata Budi seperti dikutip tempo, Selasa, 31 Januari 2017.

Sebelumnya, opsi pembangunan lift dan eskalator tak pernah ada dalam dokumen rancang bangun (design and build) proyek JLNT Ciledug-Tendean. Pemerintah Provinsi DKI dan PT Transjakarta pernah berencana menggunakan pembiayaan pengadaan lift dan eskalator melalui skema kerja sama dengan pengembang atau CSR (corporate social responsibility).

Namun sampai saat ini belum ada pembahasan secara detail skema kerja sama seperti apa yang bisa digarap dengan pihak swasta terkait dengan hal ini. (lia).

Foto: sindonews