Angkasa Pura 2

Dibelikan Tiket, 80 Elang Milik Pangeran Saudi Naik Layaknya Penumpang Di Pesawat Qatar Airways

KokpitSelasa, 31 Januari 2017
elang di pesawat

RIYADH (BeritaTrans.com) – Tiket pesawat pada umumnya hanya berlaku untuk perjalanan manusia, sedangakan untuk barang-barang akan dimasukkan bagasi pesawat dengan biaya khusus jika beratnya melebihi ketentuan. Tapi, seorang pangeran Arab Saudi memborong 80 tiket untuk membawa 80 ekor elang naik pesawat.

Pangeran Saudi itu menaikkan 80 ekor elang ke pesawat Qatar Airways. Pihak maskapai tidak menjelaskan, pemberian “perlakuan istimewa” untuk pangeran Saudi itu. Identitas sang pangeran dirahasiakan pihak maskapai, termasuk juga lokasi bandara dan tujuan penerbangan.

Kejadian itu diungkap pengguna Reddit dengan nama akun “lensoo”. Dia mengunggah foto puluhan ekor elang milik pangeran Saudi yang dinaikkan pesawat dengan tiket resmi. Foto itu, kata dia, diperoleh dari kapten pilot yang merupakan temannya.

”Teman kapten saya mengirimkan foto ini,” katanya dalam keterangan foto yang dia unggah. ”Pangeran Saudi membeli tiket untuk 80 ekor elangnya,” lanjut dia, seperti dikutip dari AOL dan sindonews, Selasa (31/1/2017).

Pengunggah foto itu tak menjelaskan, bagaimana 80 ekor elang bisa leluasa naik pesawat. Padahal, pemeriksaan di bandara pada umumnya sangat ketat.

Elang menjadi satwa yang sangat populer di Uni Emirat Arab. Beberapa maskapai Timur Tengah, seperti Eithad, Emirates dan Qatar dilaporkan memungkinkan untuk mengangkut satwa itu di kabin maupun di bagasi pesawat.

Gulf News melaporkan, pemerintah Uni Emirat Arab tercatat mengeluarkan 28.000 paspor untuk elang antara tahun 2002 dan 2013 agar bisa dinaikkan ke pesawat. (della).