Angkasa Pura 2

Geger Bom, Seluruh Barang Penumpang Pesawat Lion Dari Batam Diperiksa Ulang

Bandara KokpitSelasa, 31 Januari 2017
bandara-hang-nadim

BATAM (BeritaTrans.com) – Suasana di Bandara Hang Nadim Batam dilanda kepanikan. Petugas Aviation Security (Avsec) atau polisi Bandara, dibantu oleh anggota TNI Angkatan Udara serta kepolisian, memeriksa ulang seluruh barang bawaan calon penumpang Lion Air JT 989.

Penumpang yang sudah berada di pesawat dengan tujuan Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), diminta turun kembali dari pesawat dan dievakuasi ke ruang tunggu keberangkatan A1 di Bandara tersebut, Senin (30/1/2017) sore.

Mereka harus menunggu sekitar 2,5 jam, sampai akhirnya seluruh barang bawaan penumpang dinyatakan clear dari barang-barang mencurigakan.

Pesawat yang semestinya berangkat pada 16.00 WIB itu akhirnya terpaksa take off sekitar 3 jam kemudian, pukul 18.15 WIB.

Kepanikan di Bandara hang Nadim itu dipicu oleh ucapan seorang calon penumpang bernama Syarifuddin (40).

Saat masuk ke pesawat membawa kardus, pramugari kemudian menanyakan apa isi kardus tersebut.

Pria asal Kijang, Tanjungpinang ini menyebutkan bahwa isinya bom.

Mendengar itu, sesuai prosedur, pramugari langsung menyampaikan kepada pilot pesawat,

Plt Direktur Bandara Hang Nadim Suwarso mengatakan, pilot pesawat yang baru mendarat pukul 15.30 WIB dari Pontianak, Kalbar di area parkir AE-1, kemudian langsung menyampaikan ke menara kontrol.

“Jadi saat ditanya pramugari apa itu isinya, dia (Syarifuddin) menjawab ada bom. Maka, pramugari itu langsung memberi tahu pilot. Pilot pun langsung bereaksi,” kata Suwarso seperti dikutip tribunnews.

Sesuai prosedur keselamatan penerbangan, pilot meminta otoritas bandara memeriksa dan barang bawaan penumpang.

Tak hanya barang milik Syarifuddin, semua barang milik penumpang juga diperiksa menggunakan alat pendeteksi logam atau X-Ray. (ray).

loading...