Angkasa Pura 2

Rute KA Duku-Bandara BIM

Bandara BIM Kejar Pembangunan Skybridge Hubungkan Dengan Stasiun KA

Bandara EmplasemenJumat, 3 Februari 2017
bandara minangkabau

PADANG (Beritatrans.com) – GM Angkasa Pura II Bandara International Minangkabau (BIM) Suparlan mengatakan saat ini pihaknya tengah mempercepat pengerjaan proyek skybridge yang menghubungkan Bandara BIM dengan stasiun kereta api (KA) di Padang, Sumatera Barat. Perkiraan awal, pengerjaan proyek skybridge itu akan selesai pada Mei 2017.

“Jika ini selesai, maka masyarakat yang turun di stasiun bisa langsung masuk ke bandara tanpa harus keluar. Ini akan lebih efektif,” kata Suparlan di Padang, Kamis (2/2/2017).

Dikatakan, rencana pengoperasian kereta api dari Duku-BIM tersebut sudah molor dari target yang ditetapkan yaitu pada akhir 2016.

PPK Pembangunan dan Peningkatan Prasarana Perkeretaapian Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Sumatera Bagian Barat, Bernard sebelumnya mengatakan terlambatnya pengoperasian itu karena masih ada beberapa bagian di stasiun BIM yang belum selesai dikerjakan.

Seperti dikuti laman antaranews.com, Suparlan mengemukakan infrastruktur yang belum selesai itu dikerjakan tahun ini dan ditargetkan selesai pada Oktober atau November 2017.

“Saat itu jalur bisa difungsikan. Tetapi bergantung juga pada PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumbar, karena unit kereta api yang digunakan kewenangan mereka,” terangnya.

Kepala PT KAI Divisi Regional Sumbar, Sulthon Hasanudin mengatakan pihaknya belum pernah melakukan ujicoba rel kereta api dari BIM-Stasiun Simpang Haru, karena infrastrukturnya belum selesai. “Kalau nanti selesai, kita lakukan uji coba,” terangnya.

Terkait unit kereta api yang akan difungsikan melayani jalur tersebut, ia mengatakan pihaknya menyediakan kereta api baru. “Sekarang kereta tersebut sedang dibuat di PT. Industri Kereta Api (INKA) di Madiun Jawa Timur. Rencananya selesai pada November 2017,” terangnya.

Harapan Pemrov Sumbar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat berharap kereta api yang melayani rute Duku-Bandara Internasional Minangkabau (BIM) bisa beroperasi pada Oktober atau November 2017. Saat ini persiapan untuk itu sedang dikebut pengerjaannya dan bisa segera dioperasikan.

“Rel kereta sudah selesai dikerjakan, tinggal pengecekan terhadap titik-titik yang dinilai berpotensi membahayakan. Skybrid (jalan layang penghubung) antara stasiun kereta dengan bandara juga sedang dikerjakan,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Kamis (2/2/2017).

Menurutnya jika kereta api yang melayani rute tersebut beroperasi akan lebih memudahkan masyarakat dari Kota Padang menuju BIM dan sebaliknya.
“Ini masih dalam kerangka memberikan pelayanan prima pada masyarakat,” tandas Irwan.(helmi/ant)