Angkasa Pura 2

10 Hari Hilang Kontak, Kapal Manusela Permai & 11 ABK Terdampar Di Perairan Ambon

Dermaga Kelautan & PerikananSenin, 6 Februari 2017
unnamed

BAUBAU (BeritaTrans.com) – Kapal Motor Manusela Permai yang berlayar di perairan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan dinyatakan hilang kontak pada 24 Januari 2017 telah ditemukan, Kapal ditemukan dengan kondisi seluruh anak buah kapal selamat.

“Kapal yang memuat 11 orang ABK tersebut dilaporkan semuanya selamat, dan tengah dilakukan evakuasi oleh kapal Pol Airud di daerah Selatan Ambon,” kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas I Kota Baubau Marlent Manurung di Baubau, Ahad (5/2) malam.

Ia mengatakan sumber informasi ditemukannya KM Manusela Permai itu berasal dari pemilik kapal, Haeruddin. “Ahad (5/2) sekitar pukul 17.00 WITA, pemilik kapal ditelpon oleh La Gani (ABK, Red) mengatakan bahwa kapal tersebut berada di perairan selatan Pulau Ambon, dan seluruh 11 orang penumpangnya dalam keadaan selamat,” ujarnya.

Dia mengatakan setelah pemilik kapal mendengar informasi tersebut, lalu ia menghubungi keluarga ABK di Pulau Binongko, untuk menyampaikan kabar bahwa seluruh penumpang di kapal selamat.

“Dari 11 orang penumpang kapal, lima orang di antaranya berada di rakit untuk mencari sinyal, sedangkan enam orang lainnya tetap bertahan di kapal,” katanya.

Sebelumnya diberirakab tersebut pergi melaut sejak tanggal 21 Januari 2017, dan seharusnya kembali ke Kecamatan Binongko tiga hari kemudian atau tanggal 23 Januari. Namun hingga sekarang, pemilik kapal kehilangan kontak.

Hal itu berdasarkan laporan dari Wa Haeruma, adik dari Haerudin pemilik KM Manusela yang diterima kantor SAR Kendari pada hari Kamis (26/1/2017).
(antara).