Angkasa Pura 2

Kemhub Akan Serahkan Kapal Penyeberangan KMP Lelemuku & KMP Tanjung Sole Untuk Pemda Maluku

DermagaSenin, 6 Februari 2017
kmp tanjung sole

TANGERANG (BeritaTrans.com) Setelah meluncurkan kapal penyeberangan di kepulauan Seribu, Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menyerahkan dua kapal penyeberangan untuk Pemerintah Daerah Provinsi Maluku.

“Kita akan melakukan penyerahan dua kapal penyeberangan kepada Pemda Maluku yaitu KMP Lelemuku untuk Lintas Saumlaki-Adaut-Letwurung dan KMP Tanjung Sole untuk Lintas Namlea – Waisala,” ujar Budi, Senin (6/2/2017).

Dua kapal tersebut akan dioperasikan dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). “Kita ingin apa yang dikelola ini benar-benar terjadi. tidak mangkrak, melayani masyarakat, dan kinerjanya dapat memberikan keuntungan,” ungkapnya.

Budi berharap kapal dengan berat 500 GT tersebut dapat melayani angkutan penyeberangan perintis lintas Saumlaki-Letwurung dan Namlea-Waisala (Maluku) dengan baik. Selain itu memaksimalkan kapasitas sebanyak 148 orang per perjalanan dan pelayanan operasi sebanyak 88 perjalanan per tahun dengan kecepatan operasi 10 knot.

Dua kapal itu akan diserahkan bersamaan‎ dengan peringatan Hari Pers Nasional yang juga akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo di Ambon.

Ada pun perkembangan terbaru soal tol laut, Budi Karya Sumadi mengaku pihaknya juga sudah mendukung dari sisi angkut logistiknya dengan dibuatkannya rumah kita hasil kerja sama dengan Kementerian BUMN.

Aktualisasi pada tol laut dan rumah kita (Pusat Logistik) yaitu trayek T1, Tanjung Perak-Wanci-Namlea-Wanci-Tanjung Perak, trayek T9, Tanjung. Perak-Kisar-Namrole-Kisar-Tanjung Perak dan pelaksanaan Rumah Kita (Pusat Logistik) di Namrole dan Namlea oleh PT Pelni dan PT ASDP Indonesia Ferry.

Sementara Gubernur Maluku Said Assagaff mengaku, sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada Menhub. “Kami akan menyiapkan dukungan dan memberikan bantuan fasilitas yang dibutuhkan terutama kepada para pengusaha kapal pelayaran rakyat,” tutur Said seperti dikutip liputan6. (omy)

loading...