Angkasa Pura 2

Suprasetyo: Pilot & Kopilot Lion Air Merokok Di Kokpit Pesawat Digrounded

BandaraSenin, 6 Februari 2017
IMG_20170206_142725

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Dugaan pilot Lion Air yang merokok di kabin pesawat saat penerbangan Manado-Denpasar awal Januari 2017 sudah terklarifikasi.

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Suprasetyo, pilot dan kru sudah dipanggil.

“Kita sudah panggil pilotnya, sidecrewnya sudah kita panggil, itu pelanggaran dan kita beri sanksi, ” tegas Suprasetyo.

Menurut Suprasetyo Pilot dan Copilot pesawat Lion Air tersebut mendapatkan sanksi suspend dan lisensi terbangnya digrounded.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada 9 Januari 2017, salah seorang penumpang AR terbang dari Makassar ke Bali dengan pesawat Lion Air JT745. Dia duduk di kursi nomor 34D. Gadis ini mengaku didekati seorang pramugari dan menyampaikan sesuatu kepadanya.

Hingga akhirnya terjadi perbincangan dan AR diajak masuk ke ruang pilot. Saat masuk ke kokpit suasana di dalam sudah penuh asap rokok. AR pun masih ingat melihat ada tiga batang rokok di dalam sebuah asbak.

“Pas saya masuk mereka sudah merokok, sudah ada asap di kokpit. Ada asbak sudah ada tiga batang rokok,” ia menegaskan.

Pertama kali yang mengeluarkan rokok ada pilot, tak lama kemudian kopilot. Mereka bertiga memiliki rokok dan korek masing-masing.

Juru bicara Lion Air Andy M Saladin mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan investigasi internal, namun tindakan yang akan dilakukan menunggu penyelidikan dari Kemhub terlebih dahulu. (omy)

loading...