Angkasa Pura 2

Forum Rektor: Kalangan Perguruan Tinggi Tak Boleh Takut Kemajuan dan Persaingan

SDMSelasa, 7 Februari 2017
IMG-20170207-WA0041

JAKARTA (Beritatrans.com) – Ketua Forum Rektor yang juga Rektor UHAMKA Jakarta Prof.Dr.Suyatno, M.Pd meminta seluruh pemangku kepentingan terkait pendidikan tinggi di Indonesia tidak  takut kemajuan dan persaingan. Sejalan dengan itu perlu meningkatkan kualitas SDM yang adam

“Kini sudah era global. Implikasinya harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM  khususnya  dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan lainnya. Dengan begitu diharapkan bisa menghasilkan kualitas lulusan yang baik,” kata Prof.Suyatno saat berbicara pada Pameran Pendidikan Tinggi di Jiexpo Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Perguruan tinggi di Tanah Air harus senantiasa meningkatkan kualitas diklat serta mutu lulusannya. “Persaingan terutama di bursa kerja makin berat. Persaingan bukan hanya dari dalam tapi juga luar negeri yang bisa masuk dan mencari kerja di Indonesia,” jelas Suyatno.

Menurut Bendahara PP Muhammadiyah itu,  pihak perguruan tinggi baik dosen atau mahasiswa harus terus berpacu dan meningkatkan kualitas diklatnya. Tentunya harus didukung fasilitas dan sarana diklat yang baik dan lengkap pula.

“Dengan begitu, lulusan atau sarjana yang dihasilkan di Indonesia benar-benar profesional dan siap bersaing,” papar Suyatno.

Namun begitu, Suyatno mengingatkan agar Pemerintah tetap mempunyai keberpihakan pada tenaga kerja lokal termasuk para sarjana. “UU dan kebijakan yang dibuat tetap pro putra Indonesia,” terang dia.

Negara, menurut Suyatno mempunyai otoritas dan kewenangan  untuk mengatur dan menentukan. Di saat angka pengangguran masih tinggi,  lapangan kerja yang ada harus mengutamakan tenaga kerja lokal.

“Disitulah bukti kehadiran negara dan pemerintah akan kelihatan. Selain itu, pengangguran yang ada harus diatasi dan dicarikan solusinya, bukan sebaliknya membiarkan tenaga kerja asing masuk  dan bekerja di Indonesia,” tegas Suyatno.(helmi)