Angkasa Pura 2

Pertamina Akan Objektif Seleksi Calon Kadet di Kapal

Dermaga SDMRabu, 8 Februari 2017
IMG-20170202-WA0022

JAKARTA (Beritatrans.com) – Manajemen PT Pertamina Perkapalan berjanji objektif melakukan seleksi  calon kadet di kapal-kapal tangker yang dioperasikan BUMN Migas itu. Setiap tahun ada puluhan kadet dari kampus pelaut di Tanah Air yang praktik laut (prala) di kapal-kapal Pertamina.

Saat ini, tengah dilakukan Pertamina Goes to Campus 2017 untuk melakukan seleksi taruna yang akan diterima sebagai kadet. Syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh Pertamina.

“Mereka  harus dipastikan baik dan berkualitas  dan sesuai syarat yang ditentukan perusahaan,” kata Assisten Manager Crewing Maning Pertamina Capt. Timbul Arifin pada Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

“Calon kadet harus lolos seleksi baik administrasi serta tes potensi akademik. Selanjutnya, mereka akan menjalani Medical Check Up (MCU) yaitu di Rumah Sakit Pertamina Jaya,” jelas Capt. Timbul.

Menurutnya,  saat ini Pertamina Goes to Campus sudah dimulai di STIP Jakarta. Dari  kampus ini diperoleh 32 taruna masing 16 dari nautika dan 16 teknika.  Mereka nanti akan menjalani Medical Check Up (MCU).

Pertamina Goes to Campus juga akan dilakukan di PIP Semarang, PIP Makassar dan lainnya.  “Prinsipnya seluruh taruna pelaut boleh menjadi kadet di kapal-kapal Pertamina tapi harus lolos seleksi yang sudah ditentukan,” sebut alumni PIP Semarang itu.

“Seluruh kampus pelaut yang menjadi mitra Pertamina akan dilakukan seleksi calon kadet ini. Bagi mereka yang lolos seleksi adminiatrasi dan tea potensi akademik akan dilanjutkan  dengan MCU,” tandas Capt. Timbul.

Selama ini, Pertamina tidak ada kebijakan ikatan dinas atau beasiswa bagi taruna pelaut atau kadet di kapal tangker Pertamina.  Tapi selama mereka prala sudah langsung dipantau dan diseleksi oleh Tim Pertamina di atas kapal tersebut.

“Tapi, setelah lulus  nanti Pertamina kembali ke kampus dan melakukan seleksi pada mantan kadet di kapal Pertamina. Bagi mereka yang lolos seleksi akan diterima sebagai karyawan di Pertamina,” tegas Capt. Timbul.(helmi)