Angkasa Pura 2

Cris Kuntadi: Stasiun Gambir Harus Siapkan Toilet Difabel

EmplasemenJumat, 10 Februari 2017
IMG_20170210_201637

IMG-20170210-WA0071

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Usai mengecek fasilitas di stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Irjen Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi menyimpulkan, masih perlunya pembenahan di beberapa ruang publik.

“Stasiun Gambir harus siapkan toilet bagi kaum difabel sesuai standar layanan minimum (SPM) stasiun,” ujar Cris di Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Selain itu, ditemukan juga mushalah yang masih kurang memenuhi standar. Penumpang sementara ini disediakan tempat shalat sementara yang berada dekat koridor.

“Nantinya akan disiapkan mushalah yang lebih besar di lantai dua,” ujar dia.

IMG_20170210_202355

Dia juga melihat langsung barang-barang milik penyewa toko yang tergeletak di koridor, sehingga dapat mengganggu ibadah dan kenyamanan penumpang.

“Bahkan (barang-barang) ada yang diletakkan di atas genteng,” ungkap Cris.

Hal itu tentu saja menjadi catatan bagi pengelola stasiun dalam hal ini PT Kereta Api Daerah Operasi I Jakarta, untuk melakukan pembenahan dan peningkatan layanan sesuai prosedur.

Namun begitu, diakui Cris bahwa fasilitas lainnya juga ada yang sudah memenuhi ketentuan. Seperti ruang menyusui yang tersedia dengan bagus. Toilet juga cukup jumlahnya dan dalam kondisi yang bersih.

“Petugas juga cukup jumlahnya dan sangat responsif terhadap pelayanan penumpang,” tutur Cris. (omy)