Angkasa Pura 2

Ada Taksi Angkutan Sewa Umum dan Khusus

KoridorJumat, 17 Februari 2017
IMG-20170217-WA0063

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Salah satu poin yang dilakukan uji publik pada revisi Peraturan Menteri Perhububungan Nomor 32/2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam Trayek adalah jenis angkutan sewa.

“Dalam draf revisi ini, taksi online dimasukkan dalam kategori angkutan sewa khusus karena menggunakan aplikasi teknologi informasi,” jelas Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto di Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Angkutan sewa khusus disebutkan, merupakan pelayanan angkutan dari pintu ke pintu yang wilayah operasinya dalam kawasan perkotaan, disediakan dengan cara menyewa kendaraan dengan pengemudi, dan pemesanan menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi.

Sedangkan angkutan sewa umum, merupakan pelayanan angkutan dari pintu ke pintu yang disediakan dengan cara menyewa kendaraan dengan atau tanpa pengemudi melalui cara borongan berdasarkan jangka waktu tertentu.

“Pembayaran tarif angkutan sewa umum sesuai dengan perjanjian antara pengguna jasa dan perusahaan angkutan,” kata Pudji.

Sedangkan tarif angkutan sewa khusus tertera pada aplikasi berbasis teknologi informasi dan sesuai dengan perjanjian antara pengguna jasa dan perusahaan angkutan. (omy)