Angkasa Pura 2

BP2IP Tangerang Optimalkan Peran Alumni Untuk Diklat dan Sosialisasi ke Masyarakat

SDMMinggu, 19 Februari 2017
IMG-20170219-WA0024

TANGERANG (Beritatrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, Banten mengefektifkan kerja sama dan pemberdayaan alumni untuk menggaet siswa diklat termasuk diklat penyegaran dan pemeringkatan kompetensi pelaut.

“BP2IP Tangerang ini sudah meluluskan 10 angkatan. Jika setiap angkatan ada 100 perwira, maka sedikitnya ada 1.000 alumnni. Mereka itu sangat potensial untuk menggaet siswa baik untuk diklat pemeringkatan atau taruna reguler. Mereka bisa menjadi corong untuk sosialisasi di masyarakat sekaligus menggaet calon siswa yang akan masuk ke BP2IP Tangerang,” kata Kepala BP2IP Tangerang Capt. Sugiyono, M.M.Tr, M.Mar menjawab Beritatrans.com, kemarin.

Kampus pelaut di daerah Mauk ini, lanjut dia, akan mengembangkan diklat dengan berbasis kompetensi. Kualitas dan kemampuan para lulusannya akan terus ditingkatkan, serama menambah sarana dan fasilitas diklat di kampus seperti lab, simulator serta sumber daya manusia (SDM) khususnya dosen dan instruktur.

Sebagai langkah awal, menurut Capt. Sugiyono, pembenahan ke dalam terutama kualitas diklat, SDM instruktur serta pelayanan kepada peserta diklat terus ditingkatkan. “Kepuasan peserta diklat menjadi kunci utama. Jika mereka puas, bisa menjadi corong untuk menginformasikan pada anggota masyarakat lain untuk mengambil diklat di BP2IP Tangerang,” jelas dia.

Selanjutnya, papar Capt. Sugiyono adalah dengan memberdayakan alumni. Saat ini ada ribuan alumni diklat pelaut dari BP2IP Tangerang, baik diklat tingkat IV atau tingkat III.

“Kini disiapkan ruangan khususnya untuk corp alumni. Di salah satu ruangan itulah mereka bisa berkumpul, berdialog dan membahasa berbagai hal untuk kemajuan diklat di BP2IP Tangerang,” aku alumni PIP Makassar tersebut.

Kampus BP2IP Tangerang Harus Eksis

Kepada corp alumni BP2IP Tangerang, Capt. Sugiyono berpesan. “Maju mundurnya kampus pelaut ini akan sangat tergantung pada kalian sebagai alumni. Sejauh mana kalian ikut membina dan mengembangkan kampus ini,” pesan dia.

“Sebagai Kepala BP2IP Tangerang bisa berganti, karena jabatan ini merupakan amanah. Kepala sekolah ini diganti setiap waktu, sesuai dinamika dan kebutuhan organisasi. Tapi, kampus BP2IP Tangerang ini harus tetap eksis bahkan berkembang lebih baik. Corp alumni selayaknya ikut berperan aktif membangun kampus ini lebih baik dan berkualitas,” tandas Capt. Sugiyono.

Dia menambahkan, selama ini peran corp alumni BP2IP Tangerang belum banyak disebut dan diberdayakan secara maksimal. Ke depan, kita meminta mereka ikut berperan aktif. Memberikan sumbang saran dan masukan ke kampus. Selain itu juga menjadi media sosialisasi program diklat di kampus tercinta.

“BP2IP Tangerang sudah mampu menyelenggarakan diklat pelaut tingkat IV dan III. Selain itu juga ada diklat pemeringkatan serta berbagai diklat jangka pendek (short course) lain. Semua bisa dilayani dan kualitasnya terus ditingkatkan,” tegas Capt. Sugiyono.(helmi)