Angkasa Pura 2

Speedboat Pecah Tertabrak Kapal, 3 Penumpang Terapung 8 Jam Di Tengah Malam

DermagaSenin, 20 Februari 2017
speedboat

PASER (BeritaTrans.com) – Insiden kecelakaan terjadi di perairan Adang Bay, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Speedboat yang ditumpangi Abdul Gofur dan tiga orang lainnya dilaporkan pecah usai ditabrak kapal nelayan.

Speedboat itu berpenumpang Ardi sebagai kru speedboat, Hormigoso Stephen Superio (39) warga negara Filipina, serta Arman Bacana (25).

Gofur harus berenang delapan jam di laut untuk meminta bantuan. Beruntung, tiga penumpang speedboat akhirnya berhasil diselamatkan. “Itu kapal speedboat yang disewa perusahaan, membawa 3 penumpang dengan 1 motoris. Ya, termasuk warga Filipina,” kata Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan saat dikonfirmasi merdeka.com, Senin (20/2).

Dia menceritakan kronologis kerjadian. Di tengah perairan yang berombak tinggi dan minim pencahayaan, kapal nelayan tiba-tiba datang dan menghantam speedboat, hingga memecahkan sisi kanan speedboat. Seketika itu, 4 penumpang termasuk motoris Abdul Gofur, melompat ke laut. Sang motoris speedboat, Gofur berenang di lautan untuk mencari bantuan. Tiga penumpangnya, harus bertahan terapung selama berjam-jam.

“Malam hari itu sekitar 8 jam dia (Abdul Gofur) berenang di laut, meminta pertolongan kapal lain yang melabuh jangkar di sekitarnya. Akhirnya melapor ke petugas kapal itu,” ujar Hendra.

Tim Satpolair Polres Paser melakukan penyisiran setelah mendapat laporan keesokan harinya. Semua korban ditemukan oleh kapal yang kebetulan melintas di sekitarnya. Mereka selamat dan dievakuasi ke Balikpapan untuk mendapatkan perawatan.

“Penumpang speedboat tidak ingat persis kapal nelayannya, karena tiba-tiba langsung menabrak speedboat mereka. Tapi syukurlah, 4 orang selamat dari peristiwa itu,” kata Hendra. (della).