Angkasa Pura 2

Berkunjung ke ATKP Surabaya, Gus Ipul Disuguhi Seni Karawitan dan Yel-Yel Taruna

SDMSelasa, 21 Februari 2017
IMG-20170221-WA0056

SURABAYA (Beritatrans.com) -  Gema Suara Angkasa, grup karawitan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya unjuk kemampuan di depan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H.Syaifullah Yusuf usai pembukaan Diklat Pemberdayaan Mayarakat di Surabaya, Selasa (21/2/2017).

Dalam pertunjukan karawita itu,  taruna-taruni ATKP Surabaya sedikitnya memainkan dua lagu di depan Gus Ipul, sapaan akrab orang nomor dua di Jatim itu.  Selain itu juga dimeriahkan  yel-yel para taruna-taruni  ATKP Surabaya itu.

Gus Ipul pada kesempatan itu juga meninjau berbagai fasilitas  dan perlengkapan diklat penerbangan di daerah Jemursari Kota Surabaya itu. Ikut mendampingi dan memberikan penjelasan singkat Direktur ATKP Surabaya Ir. Setiyo, MM dan staff itu.

Gema Swara Angkasa merupakan salah satu  kegiatan ekstrakurikuler di kampus penerbangan di Kota Pahlawan itu. Dalam berbagai event dan kunjungan tamu-tamu penting termasuk Gus Ipul grup karawitan ini selalu menampilkan kebolehanannya.

Gus Ipul pun tampaknya sangat menikmati dan berkenan dengan sajian seni karawitan Gema Swara Angkasa ATKP Surabaya itu.  Gus Ipul pun sempat berbincang-bincang dengan anggota dan pemain musik tradisional Jawa tersebut.

Taruna penerbangan di ATKP Surabaya bukan hanya ahli di bidang teknis penerbangan. Tapi mereka juga piawai bermain musik serta menyanyikan lagu-lagu bergenre Jawa itu.

IMG-20170221-WA0057

ATKP Peduli Budaya

Direktur ATKP Surabaya Ir. Setiyo, MM mengatakan pihaknya memang komitmen menjaga dan melestarian kesenian adi luhung seperti karawitan dan kesenian daerah lainnya si Tanah Air.

“ATKP Surabaya harus mampu melahirkan ahli-ahli penerbangan tapi mereka juga tak tercerabut dari akar budaya leluhurnya,” kata Setiyo menjawab Beritatrans.com, Selasa.

Karawitan  Gema Swara Angkasa menjadi salah satu kegiatan ekskul unggulan di ATKP Surabaya. Selain itu masih ada kegiatan ekskul lain seperti marching band, sanggar tari taruna  ATKP Makassar.

Selain itu masih ada lagi kegiatan ekskul olah  raga seperti karate, silat, futsal dan lainnya.  “Melalui kegiatan ekskul tersebut diharapkan bisa membina dan melatih kesamaptaan taruna baik fisik atau psikhisnya,”   jelas Setiyo.

Kasubag Akademik Ketarunaan dan Alumni ATKP Surabaya Dhian Supardam, S.SiT, MM menambahkan, Wagub Jatim H.Syaifullah Yusuf tiba di kampus  ATKP Surabaya disambut dengan yel-yel taruna   dan berbagai atraksi ketrampilan taruna.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Dhian, Gus Ipul juga sempat melihat penampilan karawitan Gema Swara Angkasa. Grup karawitan itu dimainkan oleh taruna-taruni ATKP Surabaya dan biasa ditampilkan saat ada tamu VIP berkunjung ke kampus penerbangan ini.

Pada kesempatan itu juga disuguhkan aneka pertunjukan para taruna-taruni termasuk tarian massal  Gemu Famire oleh ratusan taruna di lapangan upacara ATKP Surabaya.(helmi)