Angkasa Pura 2

STIP Jakarta Buka Diklat Pemberdayaan Masyarakat Yang Diikuti 124 Peserta

SDMSelasa, 21 Februari 2017
IMG-20170221-WA0043

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menggelar diklat pemberdayaan masyarakat yang dikuti 124 orang peserta. Termasuk diantara 4 orang wanita. Peserta diklat ini berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta Utara, Tangerang bahkan Cirebon Jawa Barat serta Tegal Jawa Tengah.

Pembukaan Diklat pemberdayaan masyarakat di STIP tahun 2017 dilakukan Selasa (21/2/2017) yang dimulai tepat pukul 09.00. Ikut hadir dalam acara ini para pejabat terkait khususnya di lingkungan P3M STIP Jakarta.

Jumlah peserta diklat sebanyak 124 orang termasuk 4 orang perempuan. Sedang jenis diklat yang akan diberikan meliputi Basic Safety Training (BST), Advanced Fire Fighting (AFF), Security Awareness Training (SAT) serta Rating (dek dan mesin), ditambah buku pelaut.

Masa diklat pemberdayaan masyarakat ini selama 45 hari. Pelaksanaan diklat ada di kampus STIP Jakarta, Jalan Marunda Makmur No.1 Cilincing, Jakarta Utara.

“Di awal masa Diklat, seluruh peserta dibekali dengan pelatihan disiplin dan baris-berbaris oleh instruktur yang berasal dari Marinir TNI-AL di STIP Jakarta,” kata Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM menjawab Beritatrans.com di Jakarta, Selasa.

Pelaksanaan diklat ini, lanjut dia, adalah bentuk pengabdian kampus STIP kepada masyarakat, sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi.

Dalam sambutannya, Ketua STIP menyampaikan bahwa pelaksanaan Diklat ini adalah bentuk partisipasi STIP Jakarta dalam mendukung program vokasi untuk rakyat dari Kementerian Perhubungan melalui BPSDM Pwrhubungan dan seluruh kampus transportasi di Tanah Air.

“Dengan diklat profisiensi kepelautan bersertifikat seperti ini, peserta diklat akan mendapat kesempatan lebih luas untuk bersaing dan berkarir dalam industri pelayaran,” jelas Capt. Marihot.

Dia menambahkan, diklat pemberdayaan masyarakat ini akan terus dibuka untuk 4.000 peserta sepanjang tahun 2017.

“Pemeriksaan kesehatan akan dilaksanakan setiap Rabu dan hasilnya akan diumumkan pada hari Jumat. Pembukaan kelas akan dilaksanakan setiap Selasa,” tegas Capt. Marihot.(helmi)