Angkasa Pura 2

Menhub Budi Karya Luncurkan Aplikasi Monitoring Strategis Berbasis Web

Another NewsKamis, 23 Februari 2017
Peluncuran Monitoring strategis web

JAKARTA (Beritatrans.com) – Kementerian Perhubungan meluncurkan Aplikasi Monitoring Strategis sebagai media monitoring perkembangan kegiatan strategis Kementerian Perhubungan (Kemhub) berbasis web. Pemanfaatan fasiliutas information technology(IT) diharapkan bisa memudahkan pengawasan anggaran dengan lebih cepat, akurat dan transparan.

Peluncuran aplikasi web tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Sekjen Kemhub Sugihardjo dan Irjen Kemhub Chris Kuntadi. Ikut hadir pada acara ini seluruh pejabat eselon I di lingkungan Kemhub serta pejabat Kuasa Pengguna Anggaran (KAP) di Tanah Air.

Menhub Budi Karya Sumadi berharap dengan adanya aplikasi berbasis web ini dapat secara langsung dan real time memantau pengelolaan anggaran dan proyek pembangunan sarana dan prasarana transportasi.

”Dengan adanya aplikasi ini menjadi real time, bisa komunikasi langsung. Kita akan menggunakan aplikasi ini sebagai suatu basis daripada pengelolaan anggaran dan proyek yang ada di sini (Kemenhub),” kata Menhub saat memberikan pembekalan kepada para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Lingkungan Kemenhub seluruh Indonesia di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Untuk itu Menhub meminta kepada pada seluruh KPA untuk melaporkan progress pembangunan kegiatan strategis secara reguler baik dari sisi anggaran maupun perkembangan fisik. Diharapkan dengan aplikasi ini akan menghasilkan informasi yang aktual dan dapat digunakan untuk evaluasi kegiatan.

Menhub Budi mengaku selama 6 (enam) bulan menjabat belum dapat mengunjungi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemenhub yang tersebar di seluruh Indonesia, ”Esensinya kan kita dipisahkan oleh jarak. Saya udah jadi menteri lebih dari 6 bulan, tapi belum bisa mengunjungi semua temen-temen cara yang paling efektif adalah dengan sistem,” tandas Menhub Budi Karya.(helmi)