Angkasa Pura 2

Jembatan Cisomang Bisa Dilalui Kendaraan Dengan Berat Maksiaml 15 Ton

KoridorJumat, 24 Februari 2017
jembatan cisomang

JAKARTA (Beritatrans.com) – Jembatan Cisomang, di ruas Tol Purbalenyi Jawa Barat kini sudah bisa dilintasi bus. Namun berat kendaraan yang melintasi jembatan itu masih dibatasi, maksimal 15 ton. sedang kendaraan besar dan berat masih harus melalui jalan arteri untuk peri ataupulang ke Bandung dan sekitarnya.

“(Kendaraan) beban 15 ton diperbolehkan. Saat ini bus dari Jakarta ke Bandung sudah bisa melintas di Jembatan Cisomang,” ujar Ketua Tim Penanganan Perbaikan Jembatan Cisomang dari pihak PT Jasa Marga, Silvester Aryan Widodo, melalui pernyataan tertulis, Kamis (23/2/2017).

Pembukaan akses untuk bus itu telah dilakukan sejak Kamis siang, sekitar pukul 11.00 WIB. Meski demikian, pihak Jasa Marga tetap melakukan pemantauan.

“PT Jasa Marga sebagai pelaksana perbaikan Jembatan Cisomang dengan supervisi dari Tim Ahli Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) terus memonitor pergerakan pilar selama masa perbaikan 24 jam terus menerus dengan alat Robotic Total Station,” imbuh seerti dikutip dari situs resmi jasamarga.com.

Aryan berharap pembukaan akses untuk bus di Jembatan Cisomang dapat mengurangi kepadatan di wilayah jalur arteri Cikampek, yang kondisi jalannya perlu diperbaiki. Hingga saat ini, Aryan mengatakan progres perbaikan jembatan itu telah mencapai 40 persen hingga 45 persen.

“Perbaikan mencapai 40 sampai 45 persen. Progres pekerjaan perbaikan dan penguatan Jembatan Cisomang diharapkan selesai sesuai target, yaitu pada akhir Maret 2017,” ucapnya.

Siang tadi, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa meninjau langsung jembatan itu. “Detik ini juga Polda Jawa Barat, Jasa Marga, Bina Marga, dan Dishub mempersilakan kendaraan bus melewati Cisomang,” kata Royke di area Jembatan Cisomang, Purwakarta, Jawa Barat.(helmi/jm)