Angkasa Pura 2

Angkasa Pura I Layani 84,7 Juta Penumpang & 762 Ribu Pergerakan Pesawat Tahun 2016

BandaraSabtu, 25 Februari 2017
images (27)

BOGOR (BeritaTrans.com) – Selama tahun 2016, PT Angkasa Pura II telah melayani sekitar 84,7 juta penumpang angkutan udara di 13 bandara yang dikelolanya.

Hal itu dikemukakan Direktur Utama PTAngkasa Pura I Danang S. Baskoro, pada acara HUT ke-53 Angkasa Pura I di Taman Budaya Sentul, Bogor, Sabtu.

Dengan jumlah penumpang itu, dia mengemukakan berarti naik 14,3 persen dibandingkan tahun 2015.

Sedangkan lalu lintas pesawat tercatat mencapai 762 ribu pergerakan atau naik 8,8 persen, serta kargo 362,5 ribu ton atau meningkat 11,4 persen.

Peningkatan penumpang tersebut berdampak pada pendapatan yang juga tumbuh dua digit.

Dikatakan, perayaan hari jadi perusahaan pengelola 13 bandara di kawasan tengah hingga timur Indonesia ini dijadikan momentum untuk percepatan pembangunan infrastruktur beberapa bandara, seperti Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Baru Yogyakarta.

Angkasa Pura I merupakan pelopor pengusahaan kebandarudaraan secara komersial di Indonesia.

Perusahaan yang awalnya bernama PN Angkasa Pura Kemayoran ini pada 20 Februari 1964 menerima amanat untuk mengelola Bandara Kemayoran, bandara internasional pertama dan satu-satunya di Tanah Air kala itu.

Angkasa Pura I juga mempunyai lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Support, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail. (ant).