Angkasa Pura 2

Moge Enggak Bisa Ikut Angkutan Motor Gratis dengan KA

EmplasemenSaturday, 25 February 2017

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mulai tahun ini, motor gede alias moge tak lagi bisa ikut program angkutan gratis motor dengan kereta api (KA) pada angkutan mudik lebaran.

Hal itu dilakukan agar kapasitas angkut semakin optimal. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan cq Ditjen Perkeretaapian kini membatasi sepeda motor yang dapat diatur maksimal 150 cc.

“Tahun lalu ada moge ikut angkutan motor gratis (motis), kini tidak bisa lagi,” jelas Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono di Jakarta, Jumat (24/2/2017) malam.

Tahun ini disediakan alokasi 18.096 peserta motis atau mengalami kenaikan 14 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 15.834 peserta.

“Pendaftaran motis ini dimulai online pada 15 Februari dan untuk offline mulai 16 Februari 2017. Masa pendaftaran tahun ini lebih lama dari tahun sebelumnya,” kata Prasetyo.

Animo masyarakat pun sudah mulai tampak. Terbukti, memasuki hari ke-9 masa pendaftaran masyarakat sangat banyak mendaftar jadi peserta.

“Di beberapa stasiun tempat pendaftaran motis, seperti Stasiun Pasar Senen dan Jakarta Gudang sempat kewalahan menerima membludaknya masyarakat yang ingin mendaftar,” jelasnya.

Prasetyo menambahkan, hingga Rabu (23/2/2017) tercatat 2.158 pendaftar dengan motor yang telah terverivikasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.158 merupakan pendaftaran untuk arus mudik dan 1.000 pendaftar untuk arus balik motis pada tahun ini. (omy)