Angkasa Pura 2

Dukung Poros Maritim, STIP Jakarta Gelar Seminar Kepelabuhanan dan Angkutan Laut

SDMSenin, 27 Februari 2017
IMG-20170227-WA0038

JAKARTA (Beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Ilmu Pelyaran (STIP) Jakarta menggelar Seminar Nasional Kepelabuhanan dan Angkutan Laut di Auditorium STIP, Senin (27/2/2017).

Seminar itu dilaksanakan dalam rangka mengembangkan pendidikan dan pelatihan (diklat) kemaritiman dan mempersiapkan SDM pelaut andal dalam upaya mengurangi angka kecelakaan kapal,

Seminar nasional ini dilaksanakan bertepatan bertepatan dengan Dies Natalis ke-60. Ikut hadir para pengurus dan anggota Corp Alunmi AIP/STIP Jakarta, pejabat dan taruna STIP Jakarta.

Seminar nasional ini mengambil tema “Kecelakaan Kapal dan Kompetensi SDM Kepelautan Dalam Menunjang Visi Pemerintah Menjadi Poros Maritim Dunia” dihadiri oleh para stakeholder di bidang transportasi laut dan juga para pengelola lembaga pendidikan kepelautan.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah para regulator serta akademisi di bidang transportasi laut, yaitu Capt. Rusman Hoesin, M.Sc, Hakim Mahkamah Pelayaran dan mantan Ketua STIP Jakarta. Dia tampil sebagai pembicara di bidang aspek legal formal, regulasi Solas, Marpol, ISPS Code, ISM Code dan implementasinya.

IMG-20170227-WA0037

Dosen Universitas Indonesia, DR. Tri Tjahjono yang menjadi pembicara dalam aspek kesiapan organisasi dan manajemen regulator dan perusahaan pelayaran dalam mengurangi resiko kecelakaan kapal. Selanjutnya, Kepala KSOP Makassar, Capt. Sahattua Simatupang, MM. yang membahas perihal pengembangan SDM Pelabuhan dalam kaitan dengan keselamatan pelayaran yang memenuhi standar kompetensi keselamatan pelayaran.

Pembicara berikutnya adalah Dr. Marlinda Irwanti Poernomo Anggota DPR-RI Komisi X dengan bahasan penciptaan budaya organisasi pro keselamatan pelayaran. Terakhir adalah Capt.Aldrin Dalimunte, M.Mar, Komisioner KNKT dengan materi perkembangan teknologi dalam mencegah dan mitigasi kecelakaan kapal menuju zero accident.

Seminar Nasional yang dihadiri sebanyak 402 peserta ini diharapkan dapat memberi masukan dan rekomendasi terkait isu keamanan, keselamatan, dan lingkungan di laut dan pelabuhan batu pemangku kepentingan untuk mengambil langkah strategis dan cermat terkait regulasi STCW 2010.(hms/helmi)

IMG-20170227-WA0035

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari