Angkasa Pura 2

Kapal VOC Batavia & Trans Nusantara Kembali Layari Tanjungpinang-Anambas

DermagaSelasa, 28 Februari 2017
mv-voc-batavia

TANJUNGPINANG (BeritaTrans.com) – Menyusul membaiknya kondisi cuaca di wilayah perairan Kepri, Kapal tujuan Tanjungpinang-Anambas, Kepulauan Riau (Kepri), kembali berlayar.

Kapal cepat ini menjadi salah satu kapal andalan masyarakat anambas maupun Tanjungpinang yang hendak menggunakan transportasi laut.

Menurut Komandan Pos Pelabuhan Sri Bintan Pura, Sutoyo, kapal cepat tersebut kembali berlayar setelah melakukan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) terkait kondisi cuaca di Kepri.

“Kita sudah mulai memberangkatkan. Karena kondisi cuaca sudah cukup baik dan memungkinkan untuk berlayar. Namun, tetap harus mewaspadai gelombang tinggi,” kata Sutoyo dikonfirmasi tribunnews, Senin (27/2/2017).

Di wilayah di perairan Natuna-Anambas, gelombang laut pada cuaca buruk dapat mencapai setinggi 2,5 meter.‎ Kapal MV VOC Batavia yang dikelola PT PAL Bintan Global Line tersebut berlayar ke Anambas dari Tanjungpinang dengan membawa 155 penumpang.

“Kemarin ada sekitar 155 orang penumpang itu sesuai dengan kapasitas kapal. Sudah diberangkatkan yang kedua. Begitu juga dengan kapal tujuan dari Anambas,” tuturnya.

Kata Sutoyo, sebelum kapal berangkat, sesuai standar operasi pelayaran, pihak Syahbandar juga telah melakukan pemeriksaan kelaikan kapal dan sejumlah peralataan lengkap kapal juga dicek terlebih dahulu.

Sutoyo menyampaikan bahwa keselamatan berlayar dan penumpang menjadi prioritas dan harus zero insiden. Kapal pun sewaktu-waktu ditunda keberangkatanya jika cuaca kembali kurang bersahabat.

“Memang kemarin sempat ditunda selama tiga Minggu, hari ini (kemarin) keberangkatan yang kedua. Karena Kamis (23/2) kemarin, MV Trans Nusantara juga sudah berlayar terlebih dulu,” ujar Anen kepala Operasional PT PAL Global Line senada dengan Sutoyo. (omy).