Angkasa Pura 2

Kemhub: Alihkan Angkutan Barang ke KA untuk Cegah Kerusakan Jalan

Emplasemen KoridorSelasa, 28 Februari 2017
KA Barang

JAKARTA (Beritatrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, salah satu penyebab rusaknya prasarana jalan di Sumatera adalah karena banyaknya truk yang mengangkut beban terlalu berat. Di samping itu kualitas daya dukung jalan yang memang belum baik dan karena penggerusan atau pengkikisan oleh air.

“Pihak Kementerian Perhubungan (Kemhub) terus berupaya mengurangi kerusakan pada jalan-jalan akibat dari beban kendaraan yang melebihi muatan. Salah satunya yaitu dengan cara menerapkan law enforcement khususnya pada fungsi jembatan timbang,” kata menhub Bdui Karya dalam siaran oers di Jakarta, Senin (27/2/2017) malam.

Menhub menambahkan, pengawasan terhadap berat muatan angkutan barang di jalan saat ini memang tidak dapat mengandalkan fungsi jembatan timbang. Menurutnya, banyak kendaraan yang mengangkut muatan lebih dapat lolos dari jembatan timbang.

“Pembenahan   untuk memfungsikan  jembatan timbang dengan baik saat ini tengah dilakukan dengan mengalihkan tugas dan tanggung jawab jembatan timbang dari Pemda kepada pemerintah pusat atau kepada pihak tertentu (swasta) yang dapat lebih disiplin dan profesional dalam melaksanakan tugasnya,” tandas Menhub.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari