Angkasa Pura 2

ASITA: Kedatangan Rombongan Kerajaan Saudi Berdampak Positif bagi Pariwisata

Bandara DestinasiRabu, 1 Maret 2017
IMG-20170228-WA0085

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketua Umum ASITA (Asosiasi agen tur dan travel) Asnawi Bahar menilai kedatangan rombongan Kerajaan Arab Saudi membawa dampak besar bagi iklim pariwisata Indonesia.

“Dampaknya pasti sangat besar. Dengan jumlah rombongan begitu banyak dan ada agenda berlibur, Kerajaan Arab Saudi pasti merogoh kocek yang tidak sedikit. Dan nominalnya kan dibawa ke Indonesia. Langsung menyentuh pelaku usaha dan masyarakat,” ungkap Asnawi di Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Menurut Asnawi, sejak tiba di Jakarta saja, sudah banyak uang yang disebar untuk menyokong kebutuhan 1.500 delegasi Saudi.

“Kabarnya tiga hotel di Kuningan sudah dibooking. Jumlah kamarnya 800 lebih. Silakan kalkulasi berapa banyak uang yang masuk ke Jakarta? Cleaning service, satpam, tenaga kebersihan, guide, semua kebagian rezeki,” urai Asnawi.

Hitungan pastinya? Memang belum bisa dihitung. Tapi gambaran kasarnya sudah bisa diprediksi. Estimasi Asnawi, dari urusan menginap di Jakarta saja, sudah ada minimalĀ  Rp16 miliar per hari yang dikeluarkan Kerajaan Saudi.

“Bila tarif menginap per malamnya Rp 20 juta per malam. Kamar yang disewa 800. Hasilnya dikalikan tiga hari, sudah Rp48 miliar uang yang beredar hanya untuk sewa hotel,” ungkap Asnawi.

Belum lagi fasilitas lain yang dipakai di hotel. Belum lagi termasuk belanja di pusat perbelanjaan di Ibukota. (omy)