Angkasa Pura 2

Kapal Sabuk Nusantara 46 & Expres Bahari 3B Setop Sementara Pelayaran Sunda Kelapa-Kepulauan Seribu

DermagaRabu, 1 Maret 2017
2017-02-11-12.57.27-553x400

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dua kapal yang dioperasikan PT Pelni yakni KM Sabuk Nusantara 46 dan KM Expres Bahari 3B diketahui setop sementara pelayaran di lintas Peabuhan Sunda Kelapa-Kepulauan Seribu.

Di dermaga Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Rabu (1/4/2017), hanya terdapat KM Sabuk Nusantara 46 sandar. Sedangkan kapal Expres Bahari 3B tidak terlihat di sana.

Seorang pekerja di dermaga tersebut mengemukakan sekitar seminggu ini dua kapal tersebut tidak melayani pelayaran. “Saya juga tidak tahu apa penyebabnya,” tutur pekerja itu.

Dia juga mengemukakan selama ini kedua kapal tersebut kurang peminat. “Pergi dari sini dan kembali ke sini, hanya angkut beberapa penumpang saja. Jadi kapal ini mau beroperasi atau tidak, ya tidak masalah, karena memang sepi penumpang,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa, Benyamin Ginting, mengemukakan kapal Expres Bahari 3B sedang docking di satu galangan Marunda.

Sedangkan kapal KM Sabuk Nusantara 46 baru kelar docking dan masih menunggu kelengkapan dokumen agar kapal dapat berlayar kembali.

“Kedua kapal itu segera berlayar lagi melayani warga. Kementerian Perhubungan berkomitmen untuk membantu warga Jakarta dalam mobilitas ke Kepulauan Seribu,” tuturnya.

Karenanya, dia mengutarakan Kementerian Perhubungan akan tetap mensubsidi pelayaran kedua kapal tersebut. “Kalau untuk rakyat ya tidak bicara untung rugi,” ujarnya menanggapi fakta bahwa kedua kapal bertarif murah itu sepi peminat.

Ginting juga menegaskan pihaknya juga berkomitmen untuk menjaga keselamatan pelayaran kedua kapal itu. (wah).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari