Angkasa Pura 2

Dokumen Diduga Tidak Lengkap

Angkut Kayu Olahan, KM Omak Trostone Ditahan KSOP Tarakan

DermagaJumat, 3 Maret 2017
ksop-tahan-kapal-bermuatan-kayu

TARAKAN (BeritaTrans.com) – Patroli Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan, Kalimantan Utara, menahan kapal bermuatan kayu olahan di perairan sekitar pelabuhan perikanan.

Kapal dengan nama KM Omak Trostone GT 32 itu mengangkut kayu olahan sebanyak 100 palet dari Tanjung Keramat, Nunukan menuju Tarakan.

Komandan Patroli KSOP Kelas III Tarakan Syaharuddin, Jumat (3/3/2017), mengatakan penahananan kapal karena diduga tidak dilengkapi dokumen sah. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah kayu tersebut ilegal atau tidak karena hingga kemarin masih dilakukan pemeriksaan.

“Dokumennya masih kita pertanyakan sehingga untuk pemeriksaan lebih lanjut kita tarik ke Pelabuhan Malundung,” ujarnya saat dihubungi Bulungan Post melalui telepon seluler.

“Sampai jam 15.00 Wita (kemarin) kita berkoordinasi dengan dinas di provinsi untuk mengecek kepastian dokumen kayu hasil olahan, apakah benar atau tidak. Dari keterangan dinas terkait muatan tersebut resmi. Namun, kita belum ketahui apakah jumlah di atas kapal sama dengan jumlah tertera di berita surat acara terima,” sambungnya.

Menurut Syaharuddin, pihaknya masih punya waktu hingga satu hari menahan kapal tersebut sambil memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen, baik dokumen mengangkut kayu maupun surat-surat berlayarnya.

Jika memang lengkap, kapal tersebut bisa saja dilepas untuk berlayar kembali. Namun jika ditemukan ada dokumen yang tidak lengkap, pihaknya akan memproses sesuai hukum.

“Kewenangan kita dalam melakukan penyidikan 1×24 jam sehingga kapal kita amankan di pelabuhan untuk pemeriksaan lebih lanjut, baik dokumen kapal, persetujuan lain dan juga dokumen muatan,” sebutnya. (ray).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari