Angkasa Pura 2

Angkut 102 Turis, Kapal Pesiar MV Caledonian Sky Dikabarkan Kandas Di Raja Ampat

DermagaSenin, 6 Maret 2017
caledonian-sky

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Membawa turis mancanegara, kapal pesiar MV Caledonian Sky karam di perairan Kri, Kampung Manswar, Distrik Meos Manswar Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Kapal berbendera Bahama itu kandas di terumbu karang.

Kapal dengan nahkoda Capt. Keith Michel Tylor berkebangsaan Amerika Serikat ini, teropongnews.com memberitakan membawa wisatawan sebanyak 102 orang. Terdiri dari Amerika Serikat 3 orang, Canada 2 orang, United Kingdom (Inggris, scotland, Wales) 86 orang, Irlandia dua orang, Indonesia dua orang dan Swedia tujuh orang.

2017_3_6_2_40_26_469_PM

Sebelumnya aktifitas pelancong itu melihat berbagai keindahan budaya serta alam Kampung Manswar. Setelah menikmati budaya yang ditampilkan masyarakat, Sabtu, (4/3/17).

Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju perairan kiri untuk melakukan snorkling menikmati alam bawah laut perairan tersebut. Namun kondisi laut yang kurang bersahabat membuat kapal GT 4200 buatan tahun 1991 tersebut terbawa arus dan karam di atas rep (terumbu karang).

Sekitar pukul 14.30 WIT, tim evakuasi dari masyarakat di sekitar pulau Kri, Basarnas, Polres Raja Ampat, serta pihak Pemda khususnya Dinas Pariwisata melakukan evakuasi para penumpang kapal pesiar itu.

2017_3_6_2_43_15_902_PM

Sementara itu salah seorang pimpinan di kapal tersebut yang enggan disebut namanya mengatakan bahwa, saat ini pihak kapal sedang menunggu hasil investigasi dari instansi terkait, tentang berapa banyak terumbu karang yang rusak. “Kami Pihak kapal akan bertanggung jawab atas kerusakan karang,” cetusnya. (gus).