Angkasa Pura 2

Ini Beberapa Kegiatan Strategis BPSDMP Dengan Nilai Rp10 Miliar

SDMSelasa, 7 Maret 2017
Tommy dan roy depn pesawat

JAKARTA (Beritatrans.com) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan (Kemhub) tahun 2017 memiliki beberapa kegiatan strategis dengan nilai anggaran di atas Rp10 miliar. Kegiatan strategis tersebut merupakan upaya BPSDMP dalam meningkatkan kualitas diklat serta kualitas lulusan.

“Beberapa kegiatan tersebut adalah pembangunan beberapa fasilitas kampus, seperti lanjutan pembangunan PIP Makassar dan ATKP Makassar di kampus terpadu Salodong Makassar, pembangunan kampus baru BP2TD Bali, lalu pembangunan ruang kelas dan asrama di BP2IP Malahayati Aceh dan BP3 Jayapura, serta penambahan kapasitas kelas di BP2IP Sorong,” kata Kepala BPSDMP Dr. Wahju Satrio Utomo di Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Selanjutnya, kata dia, adalah pengadaan peralatan pelatihan, pada matra laut BPSDM Kemenhub melanjutkan pembangunan 6 kapal latih special pusrpose yang dianggarkan secara multiyears tahun 2015-2017.

“Sementara, pengadaan kapal latih tersebut dipecah di dalam Pagu anggaran tiga sekolah yaitu STIP, PIP Makassar, dan Poltekpel Surabaya, pada tahun 2017 ini total Rp176.067.897.000,- dianggarkan untuk pembagunan enam kapal latih yang rencananya selesai pada tahun ini,” jelas pria yang akrab disapa Pak Tommy itu.

Pada sektor pendidikan matra udara, menurut Tommy, BPSDMP Kemhub juga melanjutkan pengadaan pesawat latih yang juga dianggarkan secara multiyear tahun 2015-2017 dalam pagu STPI curug.
“Pesawat tersebut terdiri atas pesawat latih sayap tetap single engine dengan besar anggaran di tahun 2017 sebanyak Rp 357.885.435.000,- , pesawat latih sayap tetap multi engine dengan besar anggaran Rp 73.760.425.000,- , dan sayap putar multi engine (helicopter) dengan besar anggaran Rp 107.177.231.000,” papar Tommy.

Sementara, dalam pengadaan peralatan praktek pendidikan, BPSDM Kemhub akan membangun dan melengkapi laboratorium serta simulator dalam menunjang pendidikan, seperti pengadaan peralatan Lab. Simulator Aerodrome Control Tower di ATKP Medan, pengadaan peralatan Lab. Simulator Aerodrome Control Tower di ATKP Makassar.

“Kemudian pengadaan simulator diklat perhubungan laut dan peralatan laboratorium di BPPP Pelayaran Padang Pariaman, serta pengadaan Radar Arpa Simulator, ECDIS Simulator + Real ECDIS Trainee, GMDSS Simulator + Real GMDSS Trainee, dan Steering Gear Simulator di BP2 Pelayaran Minahasa Selatan,” tegas Tommy.(helmi)

loading...