Angkasa Pura 2

Siap-siap, 4 Perlintasan Sebidang Kereta Di Jakarta Bakal Ditutup

EmplasemenRabu, 8 Maret 2017
IMG-20170217-WA0040

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Masyarakat pengguna kendaraan pribadi agar bersiap-siap mencari alternatif jalan baru. Dalam waktu dekat, empat perlintasan sebidang kereta api di DKI Jakarta bakal ditutup untuk meningkatkan keselamatan.

Menurut Dirjen Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya telah berkoordinasi untuk pelaksanaan penutupannya.

Empat perlintasan sebidang yang akan ditutup antara lain perlintasan Jl. Pejompongan I (JPL No.42 di Km.10+374 lintas Tanah Abang – Serpong), perlintasan Jl. Pasar Minggu (JPL No.17 di Km 15+309 lintas Manggarai – Bogor), perlintasan Jl. TB. Simatupang (JPL No.20c di Km. 20+785 lintas Manggarai – Bogor), dan perlintasan Pondok Kopi/Penggilingan (JPl No.63 lintas Manggarai – Bekasi).

“Rencananya penutupan akan direalisasikan pada Mei 2017,” jelas Prasetyo dalam keterangan resmi, Rabu (8/3/2017).

Penutupan perlintasan sebidang ini, ditegaskan Prasetyo, dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran perjalanan KA dan masyarakat pengguna jalan pada perlintasan antara jalur kereta api dengan jalan di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

“Penutupan empat perlintasan sebidang tersebut merupakan bagian dari 19 yang diusulkan untuk ditutup,” kata Prasetyo.

Usul tersebut oleh Kemhub kepada Pemprov DKI Jakarta, yang disampaikan melalui Surat Menteri Perhubungan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor : KA.101/2/3 PHB 2015 tanggal 15 Desember 2015 tentang Penanganan Perlintasan Tidak Sebidang di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Ke-19 perlintasan sebidang tersebut telah diperlengkapi dengan flyover maupun underpass. (omy)

loading...