Angkasa Pura 2

Airnav Siapkan Peralatan dan Konsep Operasi di Area Navigasi Udara Sektor ABC

Bandara KokpitJumat, 10 Maret 2017
IMG-20170310-WA0023

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia saat ini tengah menyiapkan peralatan dan konsep operasi pada area navigasi sektor ABC.

Area Sektor A mencakup wilayah di bagian utara Singapura, Sektor B sekitar Laut Cina Selatan, dan C mencakup bagian utara. Ada bagian yang berada di teritorial Indonesia, ada juga dikelola Singapura dan Malaysia.

Direktur Utama Airnav Indonesia, Novie Riyanto mengatakan, area Kepulauan Natuna berada dalam teritori Indonesia.

“Kita berkewajiban mendukung pemerintah, untuk mengambil alih sektor ABC dalam navigasi penerbangannya,” jelas Novie di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Menurut Novie, utuk mengambil alih sektor ABC, pihaknya berkoordinasi lebih jauh tak hanya dengan Kementerian Perhubungan namun juga dengan Kementerian Luar Negeri hingga Kementerian Pertahanan.

Saat ini, Airnav lanjut Novie tengah menyiapkan juga peralatan untuk pelaksanaan navigasi di sektor ABC serta konsep operasional yang akan diterapkan nanti.

Selain itu juga disiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk ditempatkan di sektor tersebut. Namun begitu, pihaknya juga akan berbicara dengan pihak Malaysia dan Singapura untuk pengaturannya.

“Lalu lintas yang melalui jalur tersebut cukup banyak traffiknya, seperti Indonesia-Jepang, Australia-Jepang, Makassar-Arab, dan rute ke Eropa Barat,” urai Novie.

Dia meyakinkan bahwa bila dilihat dari potensi pendapatan, mengoperasikan sektor ABC akan meraup pemasukan cukup besar.

“Untuk sektor A saja bisa hingga Rp800 miliar per tahun, apalagi bila ditambah sektor B dan C,” tutup Novie. (omy)