Angkasa Pura 2

Mudik Lebaran 2017, Insya Allah Pakai Pesawat Terbang Dari Halim Ke Tasikmalaya

Bandara KokpitJumat, 10 Maret 2017
images (2)

TASIKMALAYA (BeritaTrans.com) – Pada Lebaran 2017 ini warga Tasikmalaya, Jawa Barat dan sekitarnya bisa pulang kampung dengan pesawat terbang setelah Landasan Udara (Lanud) Wiriadinata beroperasi sebagai bandara komersial.

Pengoperasian bandara ini menunggu tanda tangan memorandum of understanding (MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan TNI AU.

Kesepakatan dalam MoU ini, menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Aay Zaini Dahlan, sebenarnya sudah bisa ditandatangani beberapa waktu lalu.

Namun karena Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menjalani cuti kampanye dan terjadi perubahan pejabat di Kementerian Perhubungan dan TNI AU, revisi draf MoU jadi terhambat.

“Tapi sekarang semuanya sudah siap dan hanya tinggal menunggu waktunya saja kapan akan dilaksanakan penandatanganan MoU tersebut. Di sisi lain juga yang sebenarnya tidak terlalu dirisaukan adalah pengelolaan bandara saat ini akhirnya dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui Kemenhub, tidak dilaksanakan oleh Pemkot Tasikmalaya ataupun Pemprov Jabar. Yang pasti bandara akan beroperasi tahun ini dan targetnya mudik Lebaran insya Allah bisa digunakan,” papar Aay seperti dikutip okezone.

Sebelumnya Wali Kota Budi Budiman menyatakan Wings Air dari Lion Group akan terbang melayani rute Tasikmalaya-Halim Perdanakusuma dan sebaliknya. Adapun tarif tiket pesawat diperkirakan sekitar Rp 500.000.

“Kemarin, landasan di Bandara Tasikmalaya sudah dicoba tes mendarat oleh Wings Air. Ini sejarah pertama pesawat komersial memiliki rute untuk siap melayani warga Tasikmalaya dan pengunjung melalui transportasi udara,” jelas Budi Budiman. (ray).

Foto: Pikiran Rakyat