Angkasa Pura 2

Tingkatkan Kualitas Tangkapan, Dibutuhkan Tambahan Pendingin Ikan

Dermaga Kelautan & PerikananMinggu, 12 Maret 2017
154Cold-Store-Faroe-Islands-Denmark-06

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Meningkatkan kualitas tangkapan ikan, masih dibutuhkan tambahan tempat pendingin atau cold storage. Apalagi, berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2016, perikanan tangkap masih memegang peranan strategis dalam sektor perikanan di Indonesia.

“Potensi perikanan tangkap laut Indonesia sekitar 6,5 juta ton/tahun. Potensi perikanan budidaya payau mencapai 2,96 juta hektar dan potensi budidaya laut mencapai 12,55 juta hektar,” jelas Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) di Jakarta, Ahad (12/3/2017).

Berdasarkan analisis SCI, sektor perikanan Indonesia masih terkendala persoalan-persoalan ketersediaan komoditas, fluktuasi dan disparitas harga, serta mutu komoditas.

Faktor musim menjadi salah satu persoalan, begitu juga karakteristik komoditas yang bersifat mudah rusak (perishable), serta konektivitas yang disebabkan faktor keterpencilan (remoteness) dan ketersediaan infrastruktur.

“Persoalan dan tantangan dalam sektor perikanan sebenarnya justru membuka peluang bisnis logistik, termasuk penyediaan dan pengelolaan cold storage (CS),” kata Setijadi.

Kebutuhan CS di Indonesia diperkirakan meningkat dari 1,32 juta ton pada 2015 menjadi 1,7 juta ton pada 2017. Dari jumlah tersebut, kapasitas CS yang tersedia sekitar 200 ribu ton, sehingga dibutuhkan penambahan sekitar 1,5 juta ton. (omy)

loading...