Angkasa Pura 2

Sidak Di Poltekpel Surabaya & STTD, Irjen Kemhub Ajak Taruna Jadikan Peraturan Sebagai Kebiasaan

Figur SDMSelasa, 14 Maret 2017
IMG-20170313-WA0041

IMG-20170313-WA0038

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Irjen Kemhub) Cris Kuntadi mengajak seluruh taruna untuk menjadikan peraturan-peraturan sebagai kebiasaan, sehingga tak lagi dirasa memberatkan.

“Ya, pada malam Sabtu kami sidak ke Poltekpel Surabaya dan Minggu Malam ke STTD Bekasi,” jelas Cris di Jakarta, Senin (13/3/2017) sore.

IMG-20170313-WA0040

Dia menyebutkan, secara global penerapan peraturan di dua tempat pendidikan tersebut sudah baik. Penempatan asrama taruna juga tertata lebih baik lagi.

“Satu asrama terdiri dari satu angkatan. Tiap-tiap asrama ada pengasuhnya, sehingga untuk masuk gerbang harus melalui pengasuh,” kata Cris yang menjadi imam shalat Isya di STTD Bekasi.

Dalam pengarahan yang disampaikannya, agar seluruh taruna juga menjadikan hal-hal yang dasar seperti menciptakan kebersihan harus jadi kebiasaan.

IMG-20170313-WA0046

“Bila menjadi habit, maka tak akan memberatkan dan tidak perlu ada hukuman karena dijalankan dengan senang,” ungkap Cris.

Didampingi Inspektur 1 Anto, Cris juga menemukan kebiasaan-kebiasaan yang baik, guna terhindar dari kemungkinan adanya selisih satu sama lain.

Misalnya saja disebutkan Anto, pemberlakuan piket asrama dan penerapan ketua kelas. Semuanya dilakukan bergilir dan tertib tanpa ada gesekan.

“Begitu juga dengan jabatan Ketua Kelas yang digilir setiap hari, sehingga semua taruna akan merasakan menjadi pemimpin di kelasnya,” tutur Anto.

Cris menegaskan bahwa tujuan melakukan sidak adalah untuk melihat keteraturan taruna dan potensi permasalahan yang kemungkinan terjadi.

Apresiasi

IMG-20170313-WA0043

Itjen Kemhub juga mengapresiasi taruna yang melakukan aktifitas tanpa batas waktu. Saat di STTD Bekasi, menurut Anto, kendati jam menunjukkan pukul 22.00 Wib, namun masih terlihat beberapa taruna sibuk di area mading.

“Mereka sedang mengganti ‘edisi’ mading dengan antusias dan penuh kecintaan,” kata Anto.

Pada penerapan hukuman andisiplin juga dilakukan dengan sportif. Seperti yang terjadi malam itu, hanya karena posisi kipas angin tidak pada tempatnya, maka ada taruna yang memeroleh hukuman.

IMG-20170313-WA0048

Setiap harinya, taruna juga diajak tertib melakukan ibadah. Bagi muslim, maka shalat berjamaah di masjid.

“Taruna bangun sebelum pukul 04.00 untuk persiapan untuk shalat Subuh berjamaah di masjid,” kata Cris. (omy)

loading...