Angkasa Pura 2

Besok Tim KNKT Investigasi Kebakaran KM Cantika Lestari 77 di Bitung

Dermaga SDMRabu, 15 Maret 2017
Capt.Aldrin1

JAKARTA (Beritatrans.com) – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) besok (Kamis, 16/3/2017) akan memberangkatkan tim investigator ke Bitung, Sulawesi Utara (Sukut) untuk melakukan investigas kasus kebakaran KM Cantika Lestari 77. Kapal itu terbakar habis pada Selasa (14/3/2017) setelah selesai naik dock di daerah Bitung, Sulut.

“Tim akan langsung saya pimpin dan segera melakukan investigasi serta penyelidikan terkait kasus KM Cantika Lestari 77 yang terbakar tersebut,” kata Ketua Sub Komite Kecelakaan Transportasi Laut KNKT Capt. Aldrin Dalimunte, M.Mar kepada Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Menurutnya, KNKT akan menyelidiki dan meminta keterangan pada semua pihak yang diduga tahu atau terkait dalam kasus kebakaran KM Cantika Lestari 77 itu. “Kasus itu harus diusut tuntas, agar tidak kembali terulang di masa mendatang,” jelas Capt. Aldrin lagi.

Dia menambahkan, tupoksi KNKT adalah mencari penyebab kecelakaan dan elanjutnya memberikan rekomendasi kepada paa pihak, agar tidak terulang kembali. “Rekomendasi KNKT akan diberikan kepada Pemerintah sebagai regulator, operator kapal, pemiik kapal serta pihak dock. Dari hasil investigasi itulah akan diberikan rekomendasi yang terbaik kepada parah pihak,” aku alumni AIP Jakarta Angkatan XXXI tersebut.

kapal-motor-cantika-terbakar-18-abk-terjun-ke-laut-2uT

18 ABK KM Cantika Selamat

Seperti diketahui, Kapal penumpang KM Cantika Lestari 77 hangus terbakar. Beruntung seluruh Awak Buah Kapal (ABK) berjumlah 18 orang selamat meski harus terjun ke laut.
Peristiwa nahas itu terjadi pada Selasa (14/03/2017) sekitar pukul 16.00 Wita.

Nakhoda KM Cantika Lestari 77, Bemmy Lemier (44) mengatakan, ketika itu mereka dalam persiapan untuk berlayar ke Ambon setelah selama 1 bulan dalam perbaikan di dock PT Hasjrat SPA Bitung.

Kapal milik Ko Siong itu, saat peristiwa terjadi sedang tenreng bersama KM Geovani yang juga sedang melakukan pengelasan di dock yang sama.

Kapal langsung ditarik ke laut oleh KM Sentosa yang berada di dekat kejadian, kemudian dilakukan pemadaman oleh kapal milik PT Pelindo.

“Sejauh ini kami belum bisa menghitung maupun menaksir jumlah kerugian akibat peristiwa ini,” ujar Bemmy.

Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting, SIK, MH yang didampingi Kapolsek Aertembaga Iptu Vandi ketika ditemui di tempat kejadian perkara (TKP) mengaku kalau kasus ini masih akan akan dilakukan penyelidikan.(helmi)