Angkasa Pura 2

BPPTL Ajak Siswa Diklat TTBPL Praktik di KSOP dan Distrik Navigasi Balikpapan

Dermaga SDMRabu, 15 Maret 2017
IMG-20170315-WA0053

JAKARTA (Beritatrans.com) – Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BPPTL) Jakarta tengah menggelar program Praktek Kerja Lapangan (PKL) kepada siswa Diklat Teknik Terpadu Bidang Perhubungan Laut (TTBPL). PKL ini merupakan agenda diklat sekaligus belajar dari pengalaman praktis di lapangan.

“Mereka menjalani program PKL di KSOP Kelas I Balikpapan, Kalimantan Timur dan Distrik Navigasi Balikpapan. Selama tiga hari, tanggal 14-16 Maret 2017 mereka menjalani PKL atau belajar off campus,” kata Kepala BPPTL Jakarta Dr.Capt. Mashudi Rofik kepada Beritatrans.com di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

PKL merupakan bagian dari agenda diklat di TTBPL di kampus BPPTL Jakarta ini. “Seluruh siswa diklat termasuk TTBPL ada jadwal untuk PKL. Dari lokasi PKL inanti, mereka akan mendapatkan tugas dan harus diselesaikan sebelum diklat usai,” jelas Capt. Rofik lagi.

IMG-20170315-WA0052

Kasie Penyelenggara Diklat BPPTL Capt. Mu’man Yitno S yang mendampingi siswa PKL mengatakan, selama tiga hari peserta diklat belajar untuk meningkatkan kemampuan dan menambah wawasan serta ketrampilan mereka terkait bidang kajian diklat yang diambil.

Dalam kunjungan ke KSOP Balikpapan, siswa Diklat TTBPL diterima oleh Plt KSOP Kelas I Balikpapan Yusuf Imran, yang juga Kabid Keselamatan Berlayar & Patroli. “Siswa diklat TTBPL 2017 ini, lokasi PKL ada di sekitar Pelabuhan Semayang, Balikpapan,” kata Capt. Mu’man menjawab Beritatrans.com, Rabu.

Seluruh peserta diklat di BPPTL diberikan materi teori selama belajar di kelas. Setelah itu ditambah kegiatan PKL sesuai bidang kajian serta lokasi yang telah direncanakan. “Intinya, peserta diklat di BPPTL Jakarta benar-benar mempunyai kompetensi lebih baik teori atau praktik di lapangan,” jelas Cat. Mu’man.

IMG-20170315-WA0051

Setelah menyelesaikan diklat nanti, tambah alumni AIP Jakarta Angkatan 41 itu, peserta diklat akan kembali ke tempat tugasnya. Mereka itu adalah karyawan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan baik di pusat atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lapangan.

“BPPTL Jakarta memberikan yang terbaik kepada pengguna jasanya, yaitu peserta diklat yang datang dari seluruh Indonesia. Mereka dibekali pengetahuan teknik dan nonteknis serta wawasan lebih luas. Saat kembali bekerja, mereka selayaknya bisa melayani masyarakat dengan lebih baik,” tandas Capt. Mu’man.(helmi)