Angkasa Pura 2

Dermaga Marina & Hotel ASDP Di Labuan Bajo Segera Groundbreaking

DermagaRabu, 15 Maret 2017
2017-03-15 18.07.12

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) – Manajemen PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry diketahui segera menggelar groundbreaking pembangunan dermaga marina di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuan Bajo Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Usman Husen, mengemukakan pihak manajemen BUMN tersebut sudah banyak membahas mengenai rencana groundbreaking tersebut.

“Mereka mengatakan segera (groundbreaking, red). Hanya saja tentang kepastian waktunya, silakan menghubungi pihak ASDP,” ungkap Usman kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeriTrans, Rabu (15/3/2017).

Dia juga mengemukakan lokasi marina dan hotel itu hanya sekitar 100 meter dari pelabuhan eksisting. “Tidak jauh,” ujarnya.

Usman menilai amat tepat rencana pembangunan dermaga dan hotel tersebut. Labuan Bajo selama ini ramai dikunjungi kapal pesiar berupa yacht dan cruise.

“Marketnya berupa kapal dan prnumpang besar dan cenderung untuk terus naik. Investasi dermaga dan hotel amat menguntungkan. Pada sisi lain keberadaan dermaga dan hotel ini akan menambah lagi kualitas pelayanan kepada turis dan kapal pesiar. Ini tentu akan menimbulkan efek positif untuk perekonomian Labuan Bajo,” jelasnya.

INVESTASI RP250 MILIAR
Sebelumnya pihak PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia menyatakan akan membenamkan investasi senilai Rp250 miliar untuk pengembangan pelabuhan penyeberangan milik perusahaan pelat merah ini di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat.

Faik Fahmi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia, mengungkapkan perusahaan akan mengembangkan pelabuhan penyeberangan di wilayah tersebut dalam rangka mendukung pariwisata di Labuan Bajo yang merupakan salah satu dari sepuluh destinasi wisata Indonesia.

“Ini adalah joint venture kita ajak PT PP dan Patra Jasa, tetapi mayoritas ASDP,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (16/1/2017).

Adapun, kepemilikan saham ASDP sebesar 51%. Sementara itu, sisanya akan dimiliki oleh dua BUMN tersebut. Namun, dia belum dapat menuturkan jumlah kepemilikan PT PP dan Patra Jasa, karena masih dalam tahap pembahasan.

Proyek pengembangan pelabuhan ini terdiri dari pembangunan marina, hotel, dan komersial area pendukung pariwisata. ASDP melihat potensi bisnis perhotelan dan wisata di Labuan Bajo cukup besar karena pertumbuhan turis mencapai 18% per tahun. Hanya saja, Labuan Bajo belum memiliki infrastruktur dan fasilitas perhotelan yang mencukupi.

“Ini merupakan kesempatan yang bagus karena pada 2015 saja ada 80.000 turis yang datang ke sana. 80% adalah orang asing,” katanya. Untuk area hotel, dia mengatakan ASDP akan membangun fasilitas penginapan dengan kapasitas 130 kamar.

Sementara itu, marina yang akan dibangun diperkirakan dapat menampung 40 unit kapal yacht. Walaupun akan melebarkan sayap ke bisnis perhotelan dan wisata, Faik menuturkan ASDP akan tetap melayani penyeberangan dari dan ke wilayah tersebut.

Tidak hanya ASDP, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah menyiapkan rencana pengembangan UPP kelas III Labuan Bajo yang akan diserahkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada tahun ini.

Direktur Utama PT Pelindo III Orias P. Moedak mengungkapkan pihaknya akan memisahkan fungsi antara pelabuhan milik perusahaan dan UPP Kelas III Labuan Bajo yang akan dikerjasamakan dengan Kemenhub. Namun, dia belum dapat mengemukakan rincian rencana sebelum ada kepastian kerja sama dengan Kemenhub.

“Kalau sudah ada diserahkan, baru kita pikirkan lebih jauh,” ungkapnya. Di sisi lain, Orias mengatakan Pelindo III sudah memiliki rencana untuk mengembangkan pelabuhan existing milik perusahaan. Rencananya, perusahaan akan memisahkan terminal kargo dan terminal penumpang.

Khusus kapal yacht, Pelindo III sudah memiliki lahan di sebelah selatan Labuan Bajo seluas 8 Ha. Sayangnya, dia mengungkapkan lahan tersebut masih dalam sengketa. “Jadi sudah kita beli, kemudian ada yang mengaku miliknya,” jelasnya.

loading...
  • Anchyk Wungsau

    Untuk Daerahnya Apa???