Angkasa Pura 2

Dirjen Hubud Minta Operator Patuhi SOP Keselamatan dan Keamanan Penerbangan

Bandara KokpitRabu, 15 Maret 2017
IMG_20170115_215159

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengingatkan  setiap operator di bidang penerbangan agar selalu mematuhi dan menjalankan standar dan prosedur operasi (SOP) keselamatan dan keamanan kerja serta peralatan yang digunakan.

“Keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan hal yang mutlak karena menyangkut nyawa manusia,” kata Agus Santoso di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Agus mengatakan, Pelanggaran keselamatan dan keamanan penerbangan bisa mengakibatkan insiden, serius insiden dan kecelakaan.

“Kejadian kecelakaan, insiden dan serius insiden harus dicegah sedini mungkin dengan selalu mematuhi standar dan prosedur  operasi keselamatan dan keamanan kerja dan peralatan yang digunakan,” ujar Agus.

Agus juga mengingatkan pesan dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia yang sudah mencapai standar Internasional harus dijaga dan ditingkatkan.

Pencapaian standar Internasional tersebut ditandai dengan dinaikkannya standar keselamatan penerbangan Indonesia oleh Otoritas Penerbangan AS (FAA) dari kategori 2 menjadi kategori 1 pada pertengahan tahun 2016 lalu.

Selain itu banyak maskapai-maskapai Indonesia yang sudah lolos dari Ban dan diperbolehkan terbang ke wilayah Uni Eropa. (aliy)