Angkasa Pura 2

Pasca GPU Terbakar, Dirjen Udara Lakukan Investigasi dan Ramp Check di Bandara Soetta

Bandara KokpitRabu, 15 Maret 2017
IMG-20170315-WA0041

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso bersama dengan Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara  (KUPPU) Muzaffar Ismail dan Kepala OBU Wilayah I Bagus Sunjoyo melakukan ramp check di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu sore (15/3/2017).

Ramp check dilakukan untuk melihat kesiapan operator penerbangan seperti  operator bandara, operator pesawat udara (maskapai) dan groundhandling terkait keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Menurut Agus Santoso, ramp check tersebut dilakukan terkait kejadian terbakarnya ground power unit (GPU) yang dioperasikan groundhandling PT. Gapura Angkasa pada hari Selasa (14/3/2017) malam.

“Kejadian semalam merupakan kejadian yang membahayakan operasional penerbangan. Kami ingin melihat langkah-langkah mitigasi yang dilakukan untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang kembali,” ujar Agus.

Ramp check sore tadi dilaksanakan mulai pukul 16.10 WIB di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta. Pemeriksaan diawali ke ground power unit (GPU) yang terbakar di lokasi bengkel GSE (ground support equipment).

Selesai melihat ground power unit, ramp check dilanjutkan dengan  pengecekan pesawat Lion air tipe Boeing 737-900 ER.

Pemeriksaan dilakukan di area nose landing gear, main landing gear, engine, wing, cockpit, cabin compartment untuk memeriksa peralatan keselamatan untuk penumpang.

Ramp check selesai pada pukul 18.30 WIB. Hasil pemeriksaan, pesawat dalam kondisi layak udara dan siap untuk dioperasikan. 

Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso berpesan agar seluruh personel penerbangan selalu mengikuti dan menjalankan Standard Operating Procedure (SOP).

Seperti diketahui, pada Selasa malam sekitar pukul 23.30 WIB telah terjadi kebakaran Ground Power Unit (GPU) yang dioperasikan oleh groundhandling PT. Gapura Angkasa. Kebakaran terjadi saat GPU  yang akan melakukan pengisian tenaga listrik ke unit power listrik di pesawat Airbus A330-300 dengan nomor registrasi PK-GPR Garuda Indonesia  yang terparkir di parking stand G.39 apron Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Beruntung teknisi dan petugas aviation security yang bertugas serta mobil pemadam kebakaran dari unit PKP-PK bandara berhasil memadamkan api dengan cepat sehingga api tidak membesar dan tidak merembet ke pesawat. (aliy)

loading...