Angkasa Pura 2

Avsec Bandara Juanda Tangkap Penumpang Lion Bawa Sabu

BandaraKamis, 16 Maret 2017
bandara juanda

SIDOARJO (BeritaTrans.com) – Petugas keamanan bandara Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Juanda Surabaya menangkap seorang calon penumpang pesawat Lion jurusan Surabaya-Lombok berinisial BA karena diduga membawa narkoba jenis sabu saat melewati pintu pemeriksaan.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura 1 Juanda, Anom Fitranggono, Rabu malam, mengatakan seorang calon penumpang yang berhasil ditangkap ini akan naik pesawat dengan nomor penerbangan JT 642 SUB-LOP.

“Pada saat memasuki pintu pemeriksaan atau ‘Walk Through Metal Detector’ sekitar pukul 17.02 WIB penumpang ini tidak mau mengeluarkan barang dari sakunya di depan umum,” katanya.

Ia mengemukakan, setelah mengetahui penumpang ini tidak mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, kemudian petugas melakukan pengecekan badan terhadap calon penumpang tersebut.

“Selanjutnya dilakukan pemeriksaan di ruang ‘body search’ dan diketahui calon penumpang tersebut menyembunyikan satu bungkusan berwarna hitam di saku kiri celana yang diduga berisi narkoba jenis sabu-sabu,” katanya.

Ia menjelaskan, setelah mengetahui ada penemuan ini, petugas Avsec Bandara Internasional Juanda langsung membawa calon penumpang ke Posko untuk dilakukan pemeriksaan dan proses lebih lanjut.

“Calon penumpang ini sekitar pukul 18.50 WIB langsung diserahkan kepada petugas Lanudal Juanda untuk diproses lebih lanjut,” katanya.

Ia menambahkan, pada saat dilakukan pemeriksaan badan oleh petugas Avsec Bandara Juanda, calon penumpang ini sempat menawarkan kepada petugas akan memberikan uang senilai Rp12,5 juta supaya dibebaskan.

“Calon penumpang ini sempat menawarkan untuk memberikan uang senilai Rp12,5 juta dengan harapan akan dibebaskan. Tetapi, oleh petugas tawaran tersebut ditolak dan dilanjutkan untuk proses selanjutnya,” katanya.

Ia mengatakan, Bandara Juanda akan terus berupaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penumpang, termasuk dari upaya-upaya membawa narkoba melalui jalur udara.

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan pengamanan kepada calon penumpang supaya penerbangan yang ada di Bandara Internasional Juanda Surabaya ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya. (antara).