Angkasa Pura 2

Pemerintah Siapkan 3 Tuntutan kepada Pihak Caledonian Sky

DermagaJumat, 17 Maret 2017
7e6fa727df816b8bf560b3b7177c654e_1

SORONG (BeritaTrans.com) – Pemerintah menurut Dirjen Pengendalian Kerusakan dan Pencemaran Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Karliansyah, tengah mempersiapkan tiga tuntutan kepada pihak MV Caledonian Sky karena mengakibatkan kerusakan terumbu karang di perairan Raja Ampat saat kapal kandas awal Maret 2017.

“Saat ini pemerintah telah menyiapkan tuntutan kepada MV Caledonian Sky, pertama, pihak kapal bisa dikenai unsur pidana, karena itu sesuai dengan undang-undang,” jelas Kaliansyah di Sorong seperti dilansir dari detik.com, Jumat (17/3/2017).

Menjadi hukum pidana, kata dia, karena merusak lingkungan dan mencemari minimal tiga tahun penjara plus denda yang telah ditentukan. Kedua, adalah masuk pada unsur perdata.

“Kalau kita dengar dari informasi Kepala Syahbandar (setempat), sebelum kapal berangkat, mereka membuat berita acara. Mereka bersedia mengganti, artinya kita dimungkinkan melakukan penuntutan secara Perdata. Bisa di pengadilan, bisa di luar pengadilan,” urai Kaliansyah.

Selanjutnya adalah tuntutan administrasi yang bisa berupa pencabutan izin. Karena sistem international maritime itu jelas.

“Pelanggaran oleh nakhoda itu bisa dicabut izin. Dan kita berhak menutup pelayaran mereka masuk ke wilayah ini,” katanya. (omy)